TPQ Nur Al Fikri Pasuruan Ajari Beraklaq Mulia

Profil
TPQ Nur Al-Fikri adalah Taman Pendidikan Al Quran di lingkungan perumahan Kraton Harmoni . Pada awal berdiri tahun 2004, majlis Pengajian anak-anak ini masih bertempat di salah satu rumah warga dan perpustakaan Al Fikri didukuh Biting Desa kraton kab. Pasuruan. Kegiatan pengajian dan pendirian perpustakaan tersebut berlangsung selama 2 kemudian tahun 2008 hijrah ke perumahan kraton Harmoni dan menunjukkan perkembangan yang signifikan sehingga mendapat respon baik dari masyarakat Perumahan kraton Harmoni Desa Bendungan Kec. Kraton Kab. Pasuruan ). Pada tahun 2010 respon dari masyarakat diwujudkan dengan diadakannya gedung TPQ Nur Al fikri yang bertempat di rumah ustad sobari samping masjid gusdur sekitar 100 m dari lokasi.

Gedung yang terdiri dari dua lantai ini adalah hasil wakaf dari warga ustadz mohamad sobari Lantai satu dimanfaatkan untuk kegiatan pengajian anak-anak sedangkan lantai dua menjadi fasilitas perpustakaan para ustadz dan ustafzdah yang menjadi tenaga pengajar di TPQ tersebut. Gedung TPQ Nur Al-Fikri mempunyai lantai 1 dan lantai 2 . Para santri biasanya memanfaatkan halaman dijalan untuk kegiatan-kegiatan olahraga, bermain dsb. Baik pada waktu sebelum KBM ataupun waktu santri libur sekolah pagi dan malam hari.

TPQ Nur Al-Fikri mempunyai jumlah santri berkisar antara 30–40 santri dengan 3 ustadzah dan 2 ustadz pada tahun ajaran 2020-2021. Mayoritas santri berasal dari lingkup perumahan kraton Harmoni dan warga kampung Desa Bendungan kec. Kraton. Frekuensi jumlah santri cenderung naik turun. Hal ini disebabkan banyaknya santri yang pindah rumah ke luar kota mengikuti perpindahan walisantri mereka. TPQ Nur Al-Fikri sudah bergabung dengan fushilat (Forum silaturohmi antar TPQ) se-kabupaten Pasuruan. TPQ Nur Al-fikri juga ikut aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh NU dan Forum silaturohmi antar TPQ se kabupaten Pasuruan/Festival Anak Sholeh (FAS) seperti mengirim delegasi lomba dsb.
Visi. Dan Misi
Visi :
Mencetak generasi Islami, berprestasi, kreatif, dan berakhlak mulia.
Misi
1) Menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW
2) Mengadakan kegiatan pembelajaran Al Qur’an metode Qiro’ati serta materi penunjang lainnya
3) Menggali potensi dan ketrampilan santri melalui kegiatan pengembangan bakat dan minat santri
4) Menyediakan lingkungan dan sarana prasarana yang memadai dalam kegiatan belajar mengajar.

Tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam tingkatsatuan pembelajarannya adalah:
a. Membaca Al-Qur’an secara fasih
b. Memahami ilmu tajwid
c. Hafal dan mengetahui tata cara wudhu dan tayamum
d. Hafal bacaan shalat fardlu, shalat sunnah, dan shalat jenazah serta mempraktikkannya sesuai dengan syarat dan rukunnya
e. Mempraktikkan shalat berjamaah dan tata caranya
f. Hafal surat-surat pendek
g. Hafal 20 doa harian
h.Terampil menulis arab dengan benar
i. Menanamkan nilai-nilai ketauhidan
j. Mengenal pelajaran kisah-kisah Islami
k. Membiasakan sikap dan adab yang baik

Kurikulum TPQ
Kurikulum TPQ memuat materi pokok dan muatan lokal, materi pokok yang dimaksud adalah pembelajaran Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Hafalan Bacaan Shalat, PraktekIbadah, Hafalan Surat Pendek, Hafalan Doa Harian, Menulis Arab, Aqidah, Syari’ah, Dan Akhlak.

Susunan Pengurus TPQ Nur Al fikri. Tahun 2020/2021
Penasehat:: Drs.Abdulloh Mahfud M. Pdi
Penanggungjawab: Mohamad sobari. SE.
Kepala TPQ: . Subari. M. Pd
Sekretaris: Nur Anis S.
Bendahara: Dwi Susilowati. SH.i. Alamat : TPQ Nur Al Fikri Perumnas Kraton Harmoni jl. Lesanpura II blok b8 no. bendungan kec. Kraton Kab. pasuruan jatim 67151

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »