Ketua IGI Jatim latik 17 Pengurus Daerah

Surabaya (Wartaonline. Co.id) 27/9
Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Timur siap menyambut era society 5.0 dalam membantu pemerintah mencetak pendidik dan tenaga kependidikan yang mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini disampaikan Ketua IGI Jatim, Dr. H. Marjuki, M.Pd, dalam Pelantikan Serentak Virtual 17 IGI Daerah Kab/Kota di Jawa Timur, Ahad (27/9/2020).

“IGI sebagai organisasi profesi guru selalu fokus pada peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang berperan terhadap peningkatan kompetensi siswa dengan berbagai program yang sampai detik ini sudah ada 67 kanal dan akan terus dikembangkan lagi,” jelasnya.

Dalam sambutannya, pria yang juga mengemban amanah sebagai Widyaiswara Madya di Propinsi jatim ini mengajak semua pihak untuk mendukung Merdeka Belajar tidak hanya untuk siswa, tetapi juga guru.

“Guru yang Merdeka Belajar adalah guru yang bebas memilih dari mana saja dia mencari ilmu untuk mengasah kompetensinya. Guru tidak boleh ada tekanan dalam bekerja, agar bisa mewujudkan student well-being di satuan pendidikannya,” tegasnya.

Marjuki berpesan pada pemerintah daerah dan tamu undangan dari 17 Kab/Kota yang hadir, bahwa IGI adalah organisasi profesi legal di bawah naungan UU yang bermitra dengan pemerintah.

“Saya titipkan pada pemerintah daerah dan segenap undangan yang hadir di sini, guru telah bekerja dengan baik, maka mari memastikan tidak ada tekanan pada guru atau intimidasi, guru berhak memilih organisasi untuk betul-betul merdeka belajar, pastikan tidak ada tekanan, tidak ada sweeping bagi guru yang mengikuti program-program peningkatan kompetensi dari pihak manapun,” pesannya.

Dia berharap, IGI Jatim dapat menjadi best practise pertama merdeka belajar bagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mewujudkan student well-being.

Adapun 17 IGI Daerah Kab/Kota yang dilantik hari ini adalah Kab. Blitar, Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Jember, Kab. Malang, Kab. Nganjuk, Kab. Pacitan, Kab. Pamekasan, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kab. Tuban, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Sementara itu, Subari. S.Sos Humas IGI Jatim pada hari Sabtu (26/9/2020),mengikuti rapat vitual bersama ketua atau pengurus igi di daerah menentukan ada sekitar seribu titik telah disiapkan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Timur dalam menyambut Pelantikan Serentak 17 IGI Daerah Kabupaten/Kota.

“Insyaallah untuk mendukung kegiatan pelantikan IGI Daerah di 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur sudah dipersiapkan Zoom Meeting sebanyak 1000 titik supaya masing-masing Kabupaten/Kota pengurusnya bisa bergabung, termasuk undangan dan narasumber dari IGI Daerah yang setelah pelantikan dilanjutkan dengan kegiatan peningkatan mutu guru,” tambah Sukari, M.Pd., host pembukaan meeting room pelantikan.

Pria yang juga memegang amanah sebagai Ketua IGI Kabupaten Gresik ini berpesan, bagi yang melaksanakan pelantikan IGI Daerah dan berkumpul dalam satu lokasi, diharapkan untuk bisa menyiapkan infrastruktur jaringan, LCD proyektor, audio, dan auditorium yang memadahi agar tetap bisa mematuhi protokol kesehatan.

“Namun bagi yang melaksanakan secara mandiri di rumah masing-masing, agar bisa gabung lebih banyak dengan menggunakan background virtual zoom yang telah disepakati,” lanjutnya.

Dihubungi via jaringan pribadi usai gladi bersih pelantikan, Sukari berbagi tips agar acara pelantikan virtual bisa berjalan dengan tertib, maka harus memperhatikan kapan fasilitas mute dan unmute digunakan.

“Pastikan koneksi internet lancar agar tidak terpental dari room pelantikan,” imbuhnya.

Sementara ketua umum Ikatan Guru Indonesia pusat. Mohamad Ramli Raheng mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan 17 pengurus igi daerah di jatim.
Dan dia sangat mendukung IGI Daerah untuk berkreativitas jangan taku diintimdasi kita balas dengan karya. mendapat laporan para penguru IGI di daerah Pasuruan dan Nganjuk dan sejunlah pengurus lainnya diintimidasi dari pimpinan dia bekerja. setelah mendapatkan laporan itu dia berjanji akan merespon akan membantu jalan keluarnya. (Tari/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »