Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Survei Lokasi Potensi Wisata Desa Kraton

Pasuruan (wartaonline.co.id) 9/8

Potensi Desa Kraton kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan hingga kini masih belum tergali dengan maksimal. Hal dilihat dari nama desa Kraton sudah mempunyai nilai sejarah tersembunyi. jika nama KRATON ini di gali secara etimologi akan mengandung makna kraton dulu tempatnya singgahnya para raja .

Dengan adanya infomasi dari kang sobari pengiat cagar budaya kelompok sadar wisata desa kraton ” Kraton Jaya” pada jumat (5/8) jam 13.00 dinas Pariwisata kabupaten Pasuruan menuju Desa Kraton diterima sekdes dan Ka§un desa Kraton. setelah diterima di balai desa isi buku tamu dan ramah tamah sebentar Heri dan Candra dari Dinas pariwisata kabupaten Pasuruan langsung turun ke lokasi survei lapangan.

Dari Dinas Pariwisata langsung survei di lokasi wisata yang dipandu oleh sekdes, (Rizki) dan kasun serta kang sobari sebagai penggagas berdirinya kelompok sadar wisata desa kraton .

Dinas Pariwisata menyarankan agar di data potensi wisata yang ada di desa kraton dan pengurus yang terbentuk betul betul mau dan mampu diajak bisa kerja mengenalkan Potensi desa kraton kekalayak masyarakat luas.

“ya ini bagus lokasinya sudah ada wusata Relegi makam mbah Busro, stasiun kereta Api dan wisata alam kali welang untuk wisata perounan . jika di sepanjang jalan dipinggir sawah di tanami pohon yang manfaat sehingga selain akan menambah income masyarakat juga menarik wisatawan akan datang ke kraton. jika di kembang ada taman dan home stay dan tehnologi tepat guna sebagai wahana edukasi warga. ” kata Heri sambil menuju lokasi di pojok sawah kraton sebelah barat kini jadi tempat pembuatan batu bata merah.

Sambil jalan, sekdes kraton dan kasun mengajak keliling dinas Pariwisata melihat potensi widata alam di desa kraton antara lain di makam mbah Busro peninggalan bekas stasiun Kreta Api Kraton terakhir di perbatasan desa kraton semare tempat aduan burung dara. (sob/darwis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »