Sobari Usulkan Kraton Pasuruan Jadi Kampung Wisata

Pasuruan (wartaonline.co.id) 12/3

Desa kraton kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan jawa Timur mempunyai sejarah yang unik dan menarik. Hal ini dilihat dari nama desa Kraton yang mempunyai makna sebuah kerajaan pada jaman pemerintahan dipimpin oleh seorang Raja.
pada jaman penjajajan Belanda kraton kabarnya pernab dijadikan tempat singgah raja yang belum di ketahui siapa raja itu.

Desa kraton yang terletak satu wilayah dengan kecamatan kraton perbatasan dengan kelurahan Karang ketug kota Pasuruan.

Desa Kraton merupakan desa ditengah tengah desa Semare dengan kelurahan Karangketug kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan jawa Timur.

menurut kang sobari kader peduli lingkungan mengatakan “ya banyak potensi Desa Kraton yang bisa dikembangkan dan di jadikan obyek wisata. misalnya Perajin Cetakan Jajan , produksi mebel. produksi Baju Muslim,kerajinan kulit kerang dan makanan krupuk kupang dan minuman khas kraton. jika pengrajin ini dibina dan diarahkan saya yakin kraton akan menjadi jujugan para wisatawan dari lokal maupun nasional mengunjungi desa Kraton.”katanya sambil menunjukan produk kupang .

sementara obyek wisata petik buah bisa tanami tanaman disepanjang jalan pinggir sawah menuju desa Semare bisa Di Tanami tanaman berbuah yang bisa di petik oleh wisatawan. contohnya Strobery, pepaya.klengkeng dan nanas. dan lain lain.
wisatawan juga bisa diajak Ziarah ke makam mbah Busro yang babat alas Desa Kraton yang makamnnya kraton utara dekat real kerata api dekat bekas kantor stasiun kereta api di kraton yang saat ini di tutup.

Wisatawan selain diajak belanja oleh oleh diajak keliling ke Wisata kebun mangrove di pantai Semare tembus Desa Kalirejo dukuh Khisik- kaligung yang saat ini jalannya sudah diperbaiki selebar 6 meter.yang telah diusulksn kang sobari melalui musrembang tahun 2016.

semoga Ide kreatif dari kang sobari calon peraih penghargaan kalpataru ini mendapatkan sambutan dari masyarakat sekitar , pemerintah setempat maupun pemerintah pusat. jika ingin komunikasi dengan kang sobari bisa hubungi sobaripsr@gmail.com. (sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »