Kenalkan Desa Wisata Ajak Siswa Sekolah Tanam Pohon

pasuruan (wartaonline.co.id) 30/3

Mengenalkan potensi desa sebagai desa wisata kemasyarakat luas dengan berbagai cara. salah satunya yang dilakukan kang sobari pembina greenpas Indonesia yakni mengajak masyarakat ikut berpatisapasi yaitu menanamkan pohon di desanya. Dengan cara ini mendidik masyarakat ikut cinta tanah air dan peduli terhadap lingkungan serta menanamkan rasa memiliki daerahnya yakni kabupaten pasuruan.

selain itu mengajak siswa sekolah agar mengenal diluar lingkungan sekolah praktek budidaya atau menanam pohon di sekitarnya.

Daerah Kraton dan Semare sekitarnya merupakan daerah cukup potensi jika dikembangkan dengan baik. karena sumber daya alam yang baik dan mendukung sebagai tempat wisata bahari. Desa kraton merukan desa yang dilewati oleh wisatawan menuju desa semare bisa menyediakan aneka macam oleh oleh bagi wisatan yang lewat.

” ya daerah ini cukup potensi jika di kembangkan disini ada jalan tembus dari kraton ke Semare jika buatkan jembatan bisa tembus dengan jembatan penyebrangan sungai ke desa pulokerto terus gerongan dan ke wilayah timur ke kalirejo kec. kraton” kata Urip kelompok Tani Desa Semare.

Sementara menurut kang sobari ” ya di sepanjang jalan dari desa kraton ke Semare bisa di tanami pohon yang berbuah yang bisa dipetik oleh wisatawan saat lewat di kelola oleh kelompok tani dan masyarakat sekitar” katanya.

oleh karena perlu dukungan dari pemerintah kabupaten Pasuruan dan pemerintah Pusat untuk mewujudkan sebagai desa wisata.

Untuk mengenalkan desa kraton sebagai awal desa wisata mengajak siswa siswi SMA Negeri 1 Bangil pada sabtu (30/3) diajak menanam pohon di sepanjang jalan kraton Pasuruan.

Khoirul Anam Guru Pembina adiwiyata SMA negeri 1 Bangil mengatakan ” saya mengajak siswa siswi ini ingin mengenalkan siswa diluar lingkungan sekolah agar mereka juga mengenal daerah selain praktek di sekolah” katanya

Sedangkan selain wisata bahari juga daerah pojok kraton Semare bisa dibangun central UKM warga pesisir untuk memajang produk-Produk kerajinan serta oleh oleh cirikhas Kraton dan semare kecamatan kraton kabupaten Pasuruan jatim. (sob /nul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »