Timnas Indonesia U -16 menang 3- 0 vs Timor Leste

Jakarta,(wartaonline.co.id) 4/8

Timnas Indonesia U-16 menang 3-0 atas Timor Leste di pertandingan keempat Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8).

Timnas Indonesia U-16 langsung menggebrak Timor Leste sejak menit awal. Hanya saja, digadang-gadang bakal menang mudah tim asuhan Fakhri Husaini justru kesulitan mencetak gol di babak pertama.

Lihat juga: Timnas Indonesia Ditahan Imbang Timor Leste di Babak Pertama
Tuan rumah memiliki sejumlah peluangemas, tetapi tidak ada yang berbuah gol. Salah satunya upaya dari Komang Teguh di menit-menit awal ketika tendangannya membentur kepala pemain Timor Leste. Selain itu, Bagus Kahfi juga punya kesempatan pada menit ke-14 yang hampir berbuah gol. Hanya saja, tendangan bagus masih bisa diblok kiper Timor Leste.

Tiga menit kemudian Bagus masih belum bisa memanfaatkan peluang gol di depan mata ketika kiper Timor Leste Marcio Dores tidak berada di posisinya. Sundulan Bagus di depan gawang yang sudah kosong itu masih di atas mistar gawang Timor Leste.

Timnas Indonesia sebenarnya bisa saja unggul 1-0 di babak pertama. Hanya saja, bola tendangan bebas Kartika Vedhayanto yang sudah melewati garis gawang Timor Leste tidak disahkan wasit. Bola itu lebih dulu membentur mistar yang kemudian jatuh di dalam gawang lawan. Peluang tersebut terjadi sebelum kesempatan gol dari Bagus.

Bagus Kahfi mencetak dua gol saat melawan Timor Leste.Bagus Kahfi mencetak dua gol saat melawan Timor Leste. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
David Maulana dan kawan-kawan juga memiliki kesempatan melalui Supriadi. Tetapi tendangan kaki kiri Supriadi menit ke-32 masih menyamping di sisi kiri gawang Timor Leste. Babak pertama pun berakhir imbang 0-0.

Timnas Indonesia U-16 tidak ingin membuang peluang untuk mencetak gol dan memenangi laga. Pada menit ke-46 tendangan Andre masih melayang tipis di atas mistar gawang Timor Leste.

Upaya Timnas Indonesia U-16 dalam menggempur pertahanan Timor Leste akhirnya berbuah gol. Umpan M Salman Alfarid dari sisi kiri berhasil disontek Bagus untuk membawa Timnas Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-49.

Pada menit ke-61 Timor Leste sempat memberikan sinyal bahaya untuk Timnas Indonesia. Tetapi penyelesaian akhir tim lawan yang buruk tidak membuat jaring gawang Timnas Indonesia bergetar.

Sutan Zico menyumbang satu gol untuk kemenangan 3-0 Timnas Indonesia atas Timor Leste.Sutan Zico menyumbang satu gol untuk kemenangan 3-0 Timnas Indonesia atas Timor Leste. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Timnas Indonesia sebenarnya bisa saja menambah keunggulan pada menit ke-65. Tetapi sontekan Supriadi setelah menerima umpan dari sisi kanan hanya membentur tiang kiri gawang Timor Leste.

Skuat Garuda Muda akhirnya menjauh dengan keunggulan 2-0 setelah pemain pengganti, Sutan Zico, mencetak gol pada menit ke-72. Setelah menerima umpan Bagus dari sisi kanan, Sutan mennembakkan bola dengan kaki kanannya yang tidak bisa diantisipasi kiper Marcio Dores.

Timnas Indonesia mencetak gol ketiganya pada menit ke-80+2 melalui Bagus Kahfi. Gol tercipta setelah bola tendangan Bagus melewati sela-sela kaki kiper Timor Leste usai memanfaatkan umpan Andre Cobra.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018 dan tetap berada di puncak klasemen Grup A dengan torehan 12 poin hasil dari empat kemenangan. Pada pertandingan berikutnya Timnas Indonesia akan menghadapi kamboja di laga terakhir, Senin (6/8).

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Salman Alfarid, Kartika Vedhayanto; David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah; Yadi Mulyadi, Amirudin Bagus Kahfi, Hamsa Lestaluhu.

Timor Leste: Marcio Dores; Bovio De Jesus, Jaimito Da Costa, Juvito Moniz, Aldo Amaral; Kay Olok Sword, Alito Da Silva, Zinedine Lopes, Oscar Dos Santos; Ejivanio Da Costa, Joel Gomes. (srysob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »