Komnas pendidikan Lakukan pengawasan pelaksanaan Pendidikan di daerah

Surabaya (wartaonline.co.id) 9/6

komnas pendidikan (komnasdik) lakukan pemantauan terhadap proses penerimaan siswa baru 2018/2019 disetiap daerah.Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pendidikan berjalan sesuai prosedural.

Pemantauan pelaksanaan pebdidikan ini salah satunya terhadap penerimaan siswa baru ini, atas dasar menjalankan tugas dan fungsi komnas pendidikan yang dibentuk oleh pemerintah pusat komnas pendidikan melakukan setiap pengawasan serta pembinaan.

Kunjung wahyudi ketua komnas Penddidikan. (komnasdik) propinsi Jatim mengatakan ” untuk menjalankan fungsi dan tugasnya komnasdik dimasing masing daerah di jawa timur diminta melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan pendidikan, jika ada lembaga pendidikan yang tidak menjalan sebagai mana mestinya kami akan turun dan menegur dan mencatat pelanggaran untuk penegakan hukum kami bekerjasama dengan penegak hukum dalam hal ini komnasdik bermitra dengan 37 lembaga negara tersebut.” katanya.
selama ini pemerintah telah.menerbitkan permendikbud nomor 75 komite 2018 tentang komite Sekolah dan UU pendidikan yang didalamnya telah mengatur tentang pelaksanaan pendidikan.

jika lembaga itu melanggar pelaksanaan proses pendidikan, seperti UUD 1945 pasal 31 ayat 1 dan 3 tentang hak setiap warga negara indonesia memperoleh pendidikan ya layak dan sistem penyelenggaraan oleh pemerintah . sera UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas mengatur tentang pemerataan kesempatan dan peningkatan kwalitas pendidikan serta pemberdayaan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
jika melanggar itu komnas pendidikan akan membuat laporan tertulis mengetahui koordinator propinsi dan daerah, serta pelapor kemudian di kirimkan ke presiden.
jadi komnas pendidikan bermita dengan 37 lembaga negara yang dilindungi UU. komnasdik tidak berhak menangkap, memutuskan hukuman dan sangsi terhadap lembaga tersebut.

Subari koordinator komnasdik daerah kabupaten Pasuruan menambahkan jika ada lembaga meyimpang silahkan laporkan komnas Pendidikan akan ditindak lanjuti asal sebutkan nama alamat dan lembaga jelas (sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »