Pemkab Probolinggo peringati HUT ke 272

Probolinggo, WartaOnline.co.id (17/4)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Selasa (17/4/2018) pagi memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-272 dalam sebuah upacara di Alun-alun Kota Kraksaan. Bersamaan dengan itu juga dilakukan pula peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXII dan Hari Kartini tahun 2018.

Peringatan Harjakabpro ke-272 ini mengambil tema Meningkatkan Daya Saing dan Infrastruktur yang Berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan RPJMD Kabupaten Probolinggo tahun 2013 sampai dengan 2018, Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018 serta tema pembangunan daerah tahun 2018 yaitu Memantabkan Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan Melalui Peningkatan Infrastruktur Berkelanjutan Guna Pengurangan Kemiskinan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Satpol PP, Dinas Perhubungan, perwakilan perusahaan, OKP, Karang Taruna, KNPI, Banser, Pramuka, mahasiswa dan pelajar SLTA. Turut serta para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kraksaan.

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara tersebut Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Pagi ini, kita bersama melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo ke-272 tahun 2018. Artinya, 272 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 18 April 1746, dilaksanakan pelantikan Bupati Probolinggo yang pertama yaitu Kiai Djojolelono, ujar Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo.

Lebih lanjut Tjahjo Widodo mengajak bersyukur karena kebersamaan kita semua dalam membangun daerah, dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, saat ini dapat kita saksikan dan rasakan bersama perkembangan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

Terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas perjuangan dan doanya, para undangan sekalian, segenap aparatur pemerintah dan semua elemen masyarakat yang luar biasa. Semoga Kabupaten Probolinggo ke depan semakin dimampukan oleh Allah SWT menjadi kabupaten yang baldatun tayyibatun warrobun ghofur, pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Inovasi Daerah dalam rangka peringatan Harjakabpro ke-272 oleh Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Kategori Pelajar, juara 1 diraih SMKN 2 Kraksaan dengan judul Lampu Ublik Berbasis Android, juara 2 diraih SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong dengan judul Prototype Monitoring Air Sungai Sebagai Antisipasi Dini Banjir, juara 3 diraih SMKN 2 Kraksaan dengan judul Bahan Bakar Kendaraan dari Air Cucian Beras.

Kemudian, Kategori Umum/Mahasiswa, juara 1 diraih Tim dari Desa Curahdringu Kecamatan Tongas dengan judul Alat Penyimpanan Ikan Bertenaga Matahari, juara 2 diraih Yuanita Widiastuti (guru SMAN 1 Kraksaan dengan judul Metode Saber Pungli Dalam Pembelajaran Menulis Artikel dan juara 3 diraih Ahmad Samhaji (guru SDN Ngadisari 2 Sukapura dengan judul Turis Botak Bakul Beras ke Bromo (dibantu garis dan kotak bahas dan ulas teorema pythagoras).

Selanjutnya Kategori Perangkat Daerah, juara 1 diraih drh. Amir Syarifuddin dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan judul BCA (Bank Clethong dan Air Kencing Ternak), juara 2 diraih Suparyono dari Dinas Perikanan dengan judul Rumah Produksi Garam Sistem on-off Katup Gadis (Buka Tutup, Garam Jadi Super) dan juara 3 diraih tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan judul Pelayanan Jempol Disko (Jemput Bola di Sekolah). (din/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »