Atasi Hewan keliaran dan sampah Kades Kalirejo Buat Perdes

Pasuruan ( wartaonline.co.id) 10/4

Banyaknya hewan berkeliaran di wilayah desa Kalirejo kisik kaligung gumenf desa Kalirejo kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan membuat gregetan warga.
Selama ini hewan kambing di lepas oleh pemiliknya tanpa di tunggui (angon) sehingga kambing peliharaan masyarakat ini keliaran sehingga membuat warga risih. Peristiwa ini sudah berlangsung puluhan tahun karena warga tidak ada yang peduli dan tidak berani sehingga kambing peliharaan warga ini makan apa saja yang bisa dimakan.
Karena di daerah pesisir jarang rumput sehingga daun pohon mangrove yang masih pendek bisa dilahap habis.
Melihat kejadian itu kades kalirejo Mohamad Adif mengumpulkan para pemilik kambing dan seluruh Perangkat RT/RW serta tokoh masyarakat mengadakan pertemuan. Dalam pertemuan itu membahas hewan peliharaan masyarakat yang dilepas oleh pemiliknya sehingga meresahkan masyarakat.

“Ya saya bersama perangkat desa mengajak desa Kalirejo kecamatan Kraton ini jadi desa yang bersih indah dan nyaman serta tidak ada hewan keliaran .kami membuat peraturan desa (perdes) yang telah di atur dalam UU desa. Jika pemerintah desa untuk kepentingan pembangunan serta penegakkan hukum bisa membuat peraturan desa.” Katanya.

Dengan adanya perdes desa kalirejo Kec.kraton ini direkrur Greenpas Indonesia saat ini sebagai pendamping desa swasta mendukung perdes tersebut.
“Ya kami dukung Karena selama ini jika tanam pohon mangrove habis dipinggir pantai atau jalan tambak dimakan kambing. Paginya tanam sorenya habis daunnya dimakan kambing” kata kang sobari.

Tampak saat pembentukan peraturan desa ini dihadiri oleh BPD, tokoh masyarakat ,perangkat desa, LSM serta dari anggota DPRD kabupaten Pasuruan ikut memantau pembuatan perdes tersebut.

Selain itu juga jelang satu minggu kemudian desa membentuk juga Bank sampah yang nanti akan mengedukasi warga jangan sampai membuang sampah disembarangan. Warga dihimbau agar memasukan sampah pada tempatnya sampah organik dan non organik dipisahkan.
Saat dinkonfirmasi terpisah kepala dinas lingkungan hidup Ir.Muchaimim.MT membenarkan bahwa desa kalirejo akan dibuatkan pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu.Tempat lokasinya sudah tersedia sekitar 200 m2 milik kas Desa kalirejo. (Sob/tot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »