Desa Mlaten kec. Nguling gelar pelatihan pengolahan Sampah

Nguling (wartaonline.co.id) 2/3

Sampah saat ini masih menjadi masalah bagi kehidupan di masyarkat . Oleh karena itu perlu adanya penanggulan sampah terpadu .

Untuk menanggulangi sampah tersebut salah satunya yang dilakukan oleh masyarakat desa Mlaten kec.nguling kabupaten Psuruan mengadakan pelatihan penanggulangan sampah dilingkungannya sekitar.

Toto Hari Prasetyo pemateri menjelaskan tentang penanggulangan sampah di masyarakat dengan membentuk bank sampah.

“Salah satunya untuk menanggulangi sampah yakni dengan melibatkan masyarakat yakni dengan membentuk bank sampah” katanya kepada wartaonline.co.id

Masih dari toto Dengan membentuk bank sampah ini akan mengurangi sampah yang berserakan di jalan jalan atau kampung, sehingga dengan adanya bank sampah ini akan membantu mengumpulkam sampah yang tidak dipakai bisa dikumpulkan ke pengepul dengan imbalan sepantasnya.” Katanya

Sementara kades Mlaten Suryati menyambut senang dengan adanya ide pembentukan bank Sampah di desanya.

” ya kami segera akan membentuk pengurus Bank sampah nantinya akan kami tetapkan dengan sk kepala desa “katanya.

Sedangkan Subari dari pegiat peduli lingkungan sebagai pemateri kedua mengatakan perlunya masyarakat peduli terhadap lingkungannya, “dengan peduli terhadap lingkungannya ini sebagai salah satu edukasi terhadap warga lainnya akan membantu pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.” Katanya.

Pelatihan penanggulangan sampah di balaidesa Mlaten Kec. Nguling kab.Pasuruan tanggal ( 2/3) berjalan lancar dan aman.

Sesi terakhir pelatihan membuat pupuk organik dengan biopori . Bahan baku pupuk ini dari daun daunan yang ada di sekitar pekarangan dimasukan dalam lubang paralon yang telah disiapkan. Menunggu 2-3 bulan daun akan membusuk berubah menjadi kompos kemudian bisa digunakan untuk pupuk organik untuk sayur sayuran. Selamat mencoba semoga berhasil .( tot/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »