Kapan Pasuruan Bebas Dari Sampah

Pasuruan (wartaonline.co.id) 2/2

Sampah merupakan problem bagi masyarakat tetapi jika sampah tersebut dikelola dengan baik tidak akan jadi masalah,bahkan jadi berkah.

Banyak masyarakat yang belum.sadar akan membuang sampah pada tempatnya sehingga menjadi pandangan tidak sedap terhadap lingkungan. Hal ini terjadi di sudut sudut kota masih saja terjadi pembuangan sampah tanpa mengindahkan dampak libgkungan.

Untuk mengatasi sampah telah beberapa cara dilakukan oleh pemerintah tetapi hanya sebagian yang berjalan. Hal tersebut adanya trobosan trobosan ide kreatif dari peduli lingkungan yang ada.

Akhir akhir ini peduli lingkungan kabupaten pasuruan berkumpul menggelar deklarasi. Hingga kini belum ada tindak lsnjutnya. Seharusnya waktu para pegiat peduli lingkungan itu kumpul mencetuskan suatu program yang dampaknya bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Menurut kang sobari dari Pegiat lingkungan pesisir Greenpas Indonesia, mengharapkan ide kreatif para pegiat lingkungan itu diagendakan dan dipelajari kemudian di bawa bagian anggaran dan dibimbing dan diarahkan sehingga akan tercapai tujuan yang harapkan.Tidak hanya menggunakan dan mengambil anggaran yang tidak menyentuh pokok permasalahan yang vital dan sangat penting.

Masih ingat kota surabaya dulu kumuh kini jadi kota bersih, indah, asri dan nyaman. Kenapa kab.pasuruan tidak belajar dari kota kota besar.kota Banyuwangi kota terkotor kini jadi obyek wisata mancabegara kini kotanya versih indah dan nyaman. Dan masih banyak contoh kota kota yang lain.

Di kabupaten pasuruan banyak industri secara otomatis juga banyak limbah dan sampah yang dibuang. Selama ini limbah dan sampah yang baik dijual sedangkan yang jelek dibuang menjadi masalah di masyarakat.

Dengan kejadian ini seharusnya pihak industri bisa memberikan edukasi kepada pemulung yang mengambil limbah dan sampahnya agar tidak mencemari lingkungan.

Tampak para pemulung menumpuk timbunan limbah industri d8li pinggir jalan raya tanpa mengindahkan tata kota dan keindahan kota,sehingga kelihatan kumuh dan tidak tertata dengan baik.

Sebagian badan jalan di dirikan bangunan permanen entah itu tanah siapa yang jelas dipinggir jalan raya di dirikan bangunan untuk gudang limbah itu. (Lihat sepanjang jalan raya mulai gempol sampai kraton pasuruan ).

Jika pemerintah kabupaten Paduruan ingin bebas dari sampah, mari ajak semua elemen masyarakat untuk ikut partisipasi untuk rasa memiliki kabupaten pasuruan. Jangan hanya slogan saja menjelang pulkada tetapi diikuti dengan bimbingan dan pendekatan persuasif. Niscaya tahun 2020 kabupaten akan bisa bebas dari sampah.

Selamat menyongsong hari sampah dunia bulan februari 2018.

Mohamad sobari
Akt8livis peduli lingkungan dunia tinggal di pasuruan jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »