Kang sobari ajak warga Pecinta lingkungan Tanam pohon Mangrove di pantai Semare kraton Pasuruan

Kraton (wartaonline.co.id) 18/2

Peduli lingkungan itu tidak dipaksakan karena tidak ada bayarannya. Hal ini sering disampaikan oleh kang sobari aktivis peduli lingkungan dari greenpasIndonesia ketija saat memberikan penyuluhan terhadap kader peduli lingkungan di wilayahnya.

Saat ini aktivitas peduli lingkungan greenpasindonesia mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungannya yakni merawat, menanam dan mengedukasi warga agar tidak menebang pohon mangrove yang merupakan tanaman yang di lindungi.

Salah satu kegiatan Greenpas Indonesia adalah mengedukasi,merawat, menanam pohon mangrove dan mengawasi di kawasan pantai serta mengajak siswa dan masyarakat ikut menanam dan memanfaatkan buah mangrove jadi aneka makanan dan minuman.

Saat ini pohon mangrove dikawasan pantai desa semare kecamatan kraton dibabat oleh perusahaan sebagian habis oleh perusahaan gas yang berdiri dekat lokasi untuk saluran pipa gas. Hal ini tidak bisa di diamkan karena akhibat pembabatan pohon mangrove di pantai semare itu mengakibatkan air laut masuk kedaratan dengan lebih mudah tanpa terhalang oleh pohon mangrove.

Minggu pagi (18/2) kang sobari bersama zainul warga sekitar survei ke lokasi dengan membawa pohon mangrove sekuatnya, kemudian ditanam di pinggir galian pipa gas dengan harapan saat musim hujan ini pohon mangrove bisa cepat tumbuh dan bisa hidup.

Zainul warga desa semare mengatakan dulu pernah ditanam disini sekarang tidak ada entah kemana” katanya heran.

Sementara kang sobari greenpasindonesia mengatakan “Ya meski tanah yang digali oleh perusahaan gas yang dulu ditanami pohon mangrove itu menjadi milik perusahaan yang dibeli dari warga, jangan dikepras, ya seharusnya disisakan sebagian jangan dibabat sebanyak itu,pembabatan hutan mangrove disini apabila air laut pasang dengan mudah masuk ke daratan melalui bekas galian disebelah pipa gas yang disebut air ROB.untuk mengembalikan tanaman pohon mangrove seperti semula, menanam pohon mangrove kembali ini butuh puluhan tahun “katanya.

Jika pihak perusahaan gas tidak mau mengembalikan tanaman mangrove yakni dengan menanam kembali berupa menanan pohon mangrove kembali, mari para pecinta lingkungan kita bersama sama menanam dengan cara urunan beli bibit pohon mangrove minimal 1 orang tanam 10 batang, sehingga akan bisa tembus gerakan menanam satu juta pohon mangrove.

Menunggu apa lagi ayo kita gerakan masyarakat cinta lingkungan sekarang juga. Untuk partisipasi dan donasi hub greenpasindonesia.com atau jl.stasiun kraton no.78 kraton (sebelah kantor kec.kraton) kab. Pasuruan jawa timur hub. 081333468586 salurkan donasi anda rek bank mandiri cab.pasuruan no. 1440016113398 insya allah amanah ( ham/sob)

Translate »