Guru Penulis Buku Teks Ajar K 13 ikuti Bimtek di Surabaya

Surabaya (wartaonline.co.id) 17/2

Perkembangan pendidikan terus mengikuti perkembangan zaman. Sehingga para guru sebagai pendidik yang memberikan materi bahan ajar juga dituntut uptodate. Untuk mwmberikan informasi dan tehnik penulisan buku ajar selama ini pemerintah hanya beberapa guru saja yang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan.

Untuk memberikan informsi dan tehnik penuisan buku ajar k13 ini pihaj Ikatan penerbit indonesia (Ikapi) cabang jawa timur mengadakan Kegiatan Bimtek Penulisan Buku Teks K-13 di hotel grand Surabaya pada sabtu (17/2).

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 48 penerbit. Yang terdiri atas: 111 Editor dan 111 Penulisnya. Di samping itu, juga turut serta 54 Guru Penulis dari 54 sekolah.

Para peserta berasal dari 8 provinsi. Sumatera Barat: 14 orang, DKI Jakarta: 12 orang, Jabar: 38 orang, Jateng: 50 orang, DI Yogyakarta: 9 orang, Jatim: 149 orang, Bali: 2 orang dan Maluku: 2 orang. Total: 276 peserta.

“Selepas acara pembukaan, akan dilanjutkan dengan Presentasi dari Bapak Supriyatno, MA Kabid. Perbukuan, Puskurbuk tentang *”Kebijakan Perbukuan.”* Lalu, diteruskan dengan Presentasi dari Ketua Tim Penilaian Buku Teks BSNP, Prof. Dr. Eng. Zaki Su’ud tentang *”Metode Praktis Penulisan Buku Teks K-13.”* kata Drs. H. Mursyid Burhanudin.M.Si ketua panitia.

Diskusi kelas akan dilaksanakan setelah itu. Yang terbagi menjadi tiga ruangan. SD, SMP dan SMA/K. Prof. Dr. Eng. Zaki Su’ud, Drs. Ariantoni, dan Dr. Muhammad Syaifuddin, MM secara bergantian akan memandu di setiap kelas. Dengan pokok bahasan tentang *”Kelayakan Isi Buku Teks”* dan *”Kelayakan Penyajian”* yang disesuaikan dengan instrumen penilaian.

Subari guru Smpn 1 Bangil pasuruan jawa timur mengatakan “bimtek ini sangat bermanfaat baginya karena sebagai penulis pemula sehingga ingin mengetahui seluk beluk penulisan buku ini dan aturan dari pusat kurikulum perbukuan dan badan standart nasional pendidikan” katanya.

Selamat mengikuti Bimtek hari ini. Semoga Bapak/Ibu senantiasa sehat dan memperoleh ilmu yang bermanfaat. Amin.(sob/din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »