inilah Calon Bupati/Walikota Termiskin se Indonesia

jakarta (wartaonline.co.id) 27/1

Terlepas dari benar atau tidaknya isu ini, namun seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai gubernur/ bupati sudah barang tentu harus merogoh kantong pribadinya. Baik untuk biaya pemenangan, biaya kampanye, maupun biaya – biaya lainnya yang tentu jumlahnya tak sedikit. Oleh karena itu, secara aturan tak tertulis, seseorang yang punya niatan untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah haruslah punya modal finansial yang kuat, selain elektabilitas dan popularitas yang tinggi pula tentunya.

Namun, ternyata di balik pandangan mayoritas masyarakat yang menganggap seorang calon kepala daerah adalah orang kaya, ada pula calon kepala daerah yang ternyata termasuk orang miskin. Bahkan saking miskinnya, dia tak punya harta sama sekali. Hal ini terungkap dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang di laporkan calon tersebut kepada KPK. Laporan ini sebagai salah satu syarat seseorang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau pejabat negara agar nanti jika menjadi seorang pejabat, kekayaannya tetap bisa di monitor oleh lembaga anti rasuah ini.
Dia adalah Syapuani, bakal calon bupati Murung Raya, sebuah kabupaten yang terletak di Kalimantan Tengah. Dia adalah bakal calon bupati yang maju dari jalur perseorangan di Pilkada 2018 ini. Syapuani tercatat memiliki harta minus. Utangnya lebih besar daripada aset yang dimiliki. Tercatat, dalam LHKPN, kekayaannya minus Rp 115.172.000. Menurut pernyatannya yang di kutip dari Kalteng Pos, dia adalah pensiunan PNS yang punya niat mengabdikan dirinya untuk masyarakat.

Pasangan Syapuani pun tak kalah miskin, jika untuk ukuran seorang calon kepala daerah. Dihasbi, sang bakal calon wakil bupati ini memiliki harta sejumlah Rp. 100 juta.

Ada pula calon kepala daerah yang hanya punya harta kekayaan sebesar Rp. 5 juta saja. Nursalam, bakal calon Wakil Walikota Bau – Bau Sulawesi Tenggara lah orangnya. Dia pun maju dari jalur perseorangan. Dan dia menduduki posisi ketiga calon kepala daerah dengan harta kekayaan terendah.

Untuk lebih lengkapnya, 5 calon kepala daerah yang memiliki harta paling rendah menurut data KPK sampai dengan tanggal 19 Januari kemarin, adalah sebagai berikut :

1. Syapuani Cabup Murung Raya -115.172.000

2. Sirajudin Paskalis Cawabup Manggarai Timur -94.780.996

3. Nur Salam Cawali Bau-Bau 5.000.000

4. Habib Said Abdul Saleh Cawabup Barito Timur 14.820.667

5. Martinus A. Cawabup Kubu Raya Rp 22.000.000

berita ini diambil dari kaskus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »