Guru penulis Igi di uji kemampuan Nulis Buku di kemendiknas

Jakarta (wartaonline.co.id) 6/1

Perhelatan para guru penulis buku. Se Indonesia jumat (5/1) berkumpul di aula kemendikbud jakarta.

Acara pembukaan itu di hadiri oleh para pejabat kemendibud dan para pebdiri dan pengurus ikatan guru Indonesia.

Mampuono sekjend ikatan Guru Indonesia.mengatakan “Para penulis buku itu akan dipantau oleh managemen MURI di gedung aula kemebdibud dengan menulis serentak selama 5 jam. Jika layak maka akan diberikan penghargaan pemecah Rekor menulis buku terbanyak.” Katanya.

Sebelumnya para penulis diminta mempresentasikan kanal-kanal pelatihan yang telah dimilikinya.

Menurut ketua umum IGI, Bapak Muhammad Ramli atau biasa dipanggil MRR, IGI telah melatih sekitar 897.000 guru di Indonesia. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Semua kegiatan ini murni swadaya anggota IGI tanpa membebani APBN. Suatu gerakan revolusi pendidikan yang patut diacungi jempol.

Ada sekitar 58 kanal pelatihan yang dimiliki Ikatan Guru Indonesian (IGI).
Mulai kanal berbasis TIK hingga non TIK. Salah satunya kanal Sagusamod (Satu guru satu modul pembelajaran). Kanal yang diprakarsai oleh Heri Yudianto, guru SMKN 1 Driyorejo. Jawa Timur, Kanal Sagusamod bertujuan melatih guru mampu menghasilkan modul pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah.

Satu per satu pelatih IGI dari puluhan kanal ini dikukuhkan secara resmi oleh Plt Dirjen GTK, Hamid Muhammad. Dalam sambutannya, menyampaikan jika semua organisasi profesi guru melakukan hal yang sama dengan IGI, niscaya Indonesia punya masa depan pendidikan yang lebih baik. Lebih lanjut dia menambahkan hanya di IGI saja ilmu itu dibagikan dengan “murahnya.” Mengapa bisa demikian? Beliau menjelaskan hal ini didasari semangat berbagi yang luar biasa dari teman-teman di IGI.

Ada sekitar 350 pelatih IGI yang datang dari Sabang hingga Merauke. Sungguh inilah bukti nyata realisasi motto IGI yaitu sharing and growing together.

Malam harinya (Jumat, 5/7), para pelatih IGI mengikuti talk show yang dihadiri para pegiat literasi dan pendidikan antara lain Bapak Satria Dharma dan Gatot HP. Menariknya, ada tawaran daru Gatot HP. bagi 3 pelatih terbaik IGI untuk mengikuti short course di Thailand. Sungguh luar biasa semangat berbagi yang ditunjukkan oleh beliau. Sudah selayaknya kita meneladani dan mulai berbagi mulai saat ini. Meskipun itu berbagi hal yang kecil namun jika disertai keikhlasan niscaya akan bermanfaat.

Bagi peserta yang tidak bisa ke lokasi Presentasi bisa dilakukan melalui vicon webex dengan kode room 570 559 468, password 12345. (Sob/cris/Yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »