Rumah Baca Al Fikri Pasuruan disurvei Dari Perpustakaan Nasional

Pasuruan (wartaonline.co.id) 1/11

Rumah baca Komunitas peduli pendidikan Al Fikri Pasuruan Rabu (1/11) saat anak anak sedang belajar baca tulis di perumahan kraton harmoni pasuruan kedatangan tamu istimewa dari team survei Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Team survei dari perpustakaan itu menurut pengelola/penjaga Rumah baca al fikri Ibu Dwi Susiliwati,sejak pagi team survei mengintai pengunjung di rumah baca Al fikri.sekitar menunggu 1 hari pagi dan kemudian sore hari baru ketemu anak anak yang biasanya pinjam buku dan baca di Rumah baca Al Fikri yang terletak di Perumahan Kraton Harmoni jl. Lesanpura II blok B8 no. 7 desa Bendungan kec. Kraton Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Team yang yang terdiri dari 2 orang ( laki dan perempuan) itu mbak Anike dan mas agung mendapatkan tugas dari perpustakaan Nasional Melalui lembaga survei iconesia. Ia setelah menyodorkan/ menunjukan surat tugas dan mulai menanyakan sekitar tentang pengelolaan taman Bacaan Masyarakat (TBM).

” ya maaf mas kami bukan perpustakaan yang sesungguhnya hanya kebetulan saja mengumpulkan buku buku dan setelah banyak, saya belikan rak untuk tempat buku buku itu” kata Subari menjelaskan kepada lembaga team surveiyer.

Akan tetapi hingga kini rumah belajar baca buku Al fikri ini memiliki koleksi sekitar 500 judul buku lebih yang ditempatkan di rak buku. Buku buku ini dapat dari pemberian dari teman teman dan juga pernah dapat dari dinas perpustakaan dan arsip kab. Pasuruan tahun 2008 dan 2010.”tambah subari

Untuk menambah koleksinya,Selain dapat pemberian juga beli buku,dibazzar buku murah di surabaya. subari yang gemar membaca dan menulis ini,juga menambah koleksi bukunya dari karyanya sendiri.seperti kiat jadi Presenter Tv, menanan Sayur dilahan sempit,membuat kreasi bunga dari limbah Plastik dan buku yang bakal terbit perjuangan KH.Muhamad Dahlan menyelamatkan stempel NU dan Budidaya kelor dan kasiatnya.

Setiap hari rumah belajar al fikri ini dikunjungi anak-anak baik baca atau mencari tugas tugas sekolah atau srjesar baca. Karena selain rumah baca juga pengelola yang juga pegiat literasi ini juga setiap hari jam 16.00 sd 20.00 memberikan materi belajar baca tulis al quran serta bimbingan mapel sekolah, pada hari sabtu dan minggu memberikan les belajar menulis cerita dan mewarnai / menggambar.

Rata-rata pengunjung di rumah baca al fikri sekitar 10 sd 25 anak per hari. Setiap anak yang batca atau pinjam buku digratiskan . Jam buka rumah baca al fikri mulai jam 08.00 sd 21.00 wib setiap hari karena berada di rumah pribadi.

Luas ruangan yang disediakan untuk rumah belajar al fikri ini ukuran 7 x 4 m2 yakni menggunakan teras depan ruangan untuk belajar dan membaca dengan alas karpet dan meja baca (dampar) 3 buah.

Rumah belajar al fikri ini betdiri sejak tahun 2007 ketika masih dikontrak rumah dipinggir pantai. Al hamdulillah bisa pindah di kawasan perumahan yang peminat pembaca bertambah tetapi koleksi bukunya masih kurang.

“Yang menjadi kendala saat ini adalah buku buku lama sudah banyak yang terbaca, belum tersedianya komputer butuh saluran internet yang bisa akses untuk mencari literatur lewat online. Untuk memenuhi kekurangan buku buku,buku itu, saat pergi ke luar kota membeli buku diloakan dengan harga murah atau diberi oleh dari teman teman penulis buku.” Kata Subari sambil menunjukan karya karyanya kepada team survei dari perpustakaan Nasional.

Oleh karena itu bagi dermawan atau yang mempunyai buku/majalah tidak dibaca bisa kirimkan ke alamat ini rumah baca Al fikri Perum kraton Harmoni jl. Lesanpura II Blok B8 no.7 Desa Bendungan kecamatan kraton kabupaten Pasuruan Jawa Timur. ( tot/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »