Esembela Ajak gerakan Bersepeda kurangi polusi udara

 Pasuruan (wartaonline.co.id) 29/10

Hari ini Sabtu (28/10) selesai upacara hari peringatan sumpah pemuda keluarga besar UPT SMP Negeri 11 (Esembela) Pasuruan melakukan kegiatan “Gerakan Bersepeda” yang merupakan program himbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan.

Kegiatan yang dilaksanakan sekitar pukul 09.00 melibatkan 190 siswa Kelas VII, 25 siswa pengurus OSIS, dan 20 pendamping setelah upacara peringatan sumpah pemuda.

Kegiatan yang dilakukan mulai dari halaman sekolah Esembela hingga menuju jantung Kota Pasuruan dilakukan secara meriah oleh semua peserta kegiatan bersepeda. Selain kegiatan bersepeda yang mengitari rute yang telah ditentukan, kegiatan ini juga dibarengi dengan membagi brosur yang berisi pesan moral pentingnya bersepeda dengan empat pertimbangan dasar : mempromosikan pola hidup sehat, memberdayakan gerakan eliminasi polusi udara, mendukung Program “Kota Bersih dan Sehat”, dan meningkatkan etos kerja.

Empat hal diatas mengajari semua warga, khususnya warga Esembela, untuk mendukung gerakan bersepeda agar bisa hidup sehat. Mengingat mudahnya kegiatan tersebut, maka kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja bagi mereka yang ingin hidup sehat melalui olahraga ringan tapi menghasilkan kalori yang luar biasa banyak.

Ajakan “Promosi Gerakan Bersepeda ini awalnya dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diucapkan beberapa waktu lalu. Karena ide ini baik untuk semua, maka Esembela adalah lembaga pendidikan pertama yang mempromosikan kegiatan tersebut. Harapan saya, semoga hal ini menjadi preseden baik untuk hidup bersih dan sehat, “ kata Agus Harianto, Kepala Esembela. Kepada wartaonline.co.id

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan kegiatan bersepeda ini kita bisa mempromosikan makna hidup sehat kepada masyarakat luas dan juga bisa mempromosikan Esembela ke masyarakat yang lebih luas. Membangun citra positif seperti ini sangat diinginkan dan digiatkan ” tambah Agus yang mantan kepala sekolah smpn 1 yang kreatif ini.

Pada awalnya kegiatan bersepeda ini mengambil rute tidak terlalu jauh mengingat pertimbangan fisik siswa. Namun, para siswa merasa kurang jauh dengan rute itu sehingga perlu ditingkatkan rutenya di kemudian hari.

 “Saya percaya kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang harus dilakukan oleh semua orang. Saya berharap rutenya juga agak panjang sambil mengunjungi tempat-tempat yang menjadi ikon kota, seperti Taman Pekuncen, GOR, dll.”, kata Bagus, salah seorang siswa Kelas VII. (gus/sob)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »