Dosen Universitas Brawijaya Bersama Greenpas Indonesia Ajak warga Kalirejo Cinta lingkungan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 20/10

Untuk menanamkan cinta terhadap lingkungan mulailah dari keluarga . Hal ini diungkapkan oleh Subari tokoh peduli lingkungan dari Greenpas Indonesia saat mendampingi tim peneliti dari universitas Brawijaya Malang.

Tim peneliti dari universitas Brawijaya Malang ini tiba dibalai desa Kalirejo kecamatan Kraton ini sekitar pukul 08.00 wib, kemudian dilanjutkan penyerahan pohon bibit mangrove ke kepala desa Kalirejo dan Direktur Greenpas Indonesia.

Pohon Mangrove itu lansung ditanam di sekitar pantai Kalirejo dan pinggir jalan tambak. Disekitar jalan menghubungkan dukuh kisik dan kaligung desa kalirejo kec. Kraton kabupaten Pasuruan ini dulu rindang sekarang kelihatan panas dan gersang di Pantai Kalirejo kecamatan kraton Kabupaten Pasuruan jatim ,Jumat (20/10).

“Cinta lingkungan tidak dipaksakan karena cinta lingkungan itu lahir dari hati yang bersih dan iklas bukan karena ingin mendapatkan imbalan.” Kata Subari Direktur Greenpas Indonesia.

Salah satu warga peduli lingkungan Bu widya bersama anak dan suaminya asal warga kota Pasuruan sekarang menetap di kota malang jauh jauh ke pantai kalirejo karena cinta terhadap lingkungan dan kampung halamannya ketika masa kecilnta. Ia Ingin menanam pohon mangrove bersama warga di sekitar pantai kalirejo.

Selain itu juga Dr. Rozikin Dosen universitas Brawijaya malang bersama mahasiswa/mahasiswi mengadakan pengabdian ke masyarakat yakni dengan meneliti jenis Pohon mangrove dan manfaatnya. apakah kalirejo layak jadi pantai wisata mangrove ? Hal ini masih dalam kajian dari pihak universitas dan Pemkab. Pasuruan. Ada 4 tempat penelitian yang saat ini di lakukan meliputi Wilyah Bangil, kalirejo kraton, Rejoso dan Nguling.

Menurut Dr. Rozikin Dosen sekaligus peneliti dari Universitas Brawijaya Malang mengatakan ” ada 4 tempat yang sedang kami teliti ini masih dalam kajian nanti akan kami rekomendasikan ke pemerintah kabupaten Pasuruan hasil penelitiannya.” Katanya kepada wartaonline.co.id

Saat menanam pohon mangrove disekitar pantai kalirejo hadir subari Direktur komunitas peduli lingkungan Greenpas Indonesia, Bambang Parikesit dari Bappeda Kabupaten Pasuruan Dr. Rozikin Dosen Univ. Brawijaya , Mohamad Adif kades Kalirejo dan Widya koird. komunitas pedulingkan asal pasuruan dan perangkat desa kalirejo serta siswa/siswa SDN 1 Kalirejo serta Guru pendamping.

Selesai menanam pohon mangrove para pecinta lingkungan ngobrol dilokasi di tengah teriknya sinar matahari di sepanjang jalan yang menghubungkan antara dukuh kisik dan kaligung dulu sering bertikai kino hidup aman dan damai. Pantai kalirejo kec. Kraton akan di jadikan wisata Mangrove agar bisa meningkatkan taraf hidup masyrakat nelayan lebih sejahtera . ( wid/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »