Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Dengan Program Kampung Sadar Lingkungan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 27/10

Masih banyaknya masyarakat yang buang sampah disembarangan tempat ini belum ada kesadaran dari pribadinya.hal perlu adanya pemikiran yang lebih kongkrit untuk mengajak mereka sadar tidak membuang sampah disembarangan tempat.
Hal ini dikatakan oleh kang sobari dari komumitas peduli lingkungan Greenpas Indonesia.

Program yang telah dilakukan pemerintah masih belum menyentuh pada akarnya. Sehingga perlu penegasan dan komitmen bersama antara masyarakat dengan pemerintah sebagai pemangku kebijakan.

Program pemerintah itu bagus seperti program penghargaan adipura, adiwiyata dan lain lain. Tetapi itu masih belum memberikan kesadaran bagi masyararakat, penghargaan hanya sebatas selembar kertas dan pengakuan legalitas tetapi untuk membentuk jiwa yang cinta lingkungan belum ada. Justru yang betul betul cinta lingkungan terabaikan karena tidak sejalan dengan programnya.

” ya sebetulnya program kampung sadar lingkungan itu tidak hanya sadar membuang sampah pada tempatnya saja tetapi meliputi sadar terhadap kesehatan, pendidikan dan keamananan daerahnya.” Kata kang sobari penggagas kampung sadar lingkungan kepada warga desa kalirejo .

Selama 2 tahun ini greenpas Indonesia bersama kelompoknya mencoba meneliti kampung kalirejo dukuh – kisiik kaligung kecamatan kraton kabupaten Pasuruan yang dulunya dikenal kampung kumuh kini mulai hidup bersih.

Dikit demi sedikit warga diajak peduli terhadap lingkungannya.membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon mangrove dan menjaga keamanan desanya. Kini warga kalirejo mulai sadar terhadap hidup bersih indah dan nyaman.(tot/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »