Jokowi dan Kyai Agil Hadiri kemah Perwimanas di Magelang

Magelang,(wartaonline.co.id) 18/9

Sebanyak lima belas ribu peserta mengikuti upacara pembukaan Perkemahan Wirakraya Pramuka Maarif NU Nasional (Perwimamas) II, Senin (18/9) di Lapangan Tembak Akademi Militer Magelang jateng.

Peserta tersebut terdiri dari enam ribu peserta kemah dan sembilan ribu guru serta peserta didik Ma’arif NU dari seluruh Indonesia.

Ketua Ma’arif NU Nasional KH. Zaenal Arifin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan kemah nasional ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan bangsa yang berbudaya dengan manifestasi nilai-nilai karakter.

“Pramuka Ma’arif NU Siap mengamalkan, mengamankan serta mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Kiai Zaenal di hadapan peserta upacara.
Perwimanas ini, lanjut Kiai Zaenal merupakan agenda dua tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan terakhir nasional.

“Kegiatan kemah ini berpusat di Pesantren API Tegalrejo. Selama kemah peserta akan melakukan berbagai kegiatan seperti wisata religi, kegiatan wirakraya berupa rehab rumah warga, masjid, pesantren. Selain itu, akan ada juga program penanaman 18 ribu pohon di lahan kritis,” tegas Kiai Zaenal.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Zaenal juga mengingatkan semua peserta upacara bahwa lembaga pendidikan Ma’arif merupakan lembaga tertua di lingkungan Nahdlatul Ulama yang lahir tiga tahun setelah berdirinya NU.

“Lembaga Pendidikan Maarif NU kini menaungi 21.280 madrasah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas yang selalu siap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandas Kiai Zaenal kepada wartawan media ini.

Hadir dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Para Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj, Ketua Ma’arif NU Nasional KH. Zaenal Arifin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Magelang, Wakil Bupati Magelang, Gubernur Akademi Militer, Jajaran Pengurus Kwarnas Pramuka dan jajaran Pengurus Nahdlatul Ulama.

Upacara pembukaan ini dimeriahkan oleh paduan suara dari SMK Ma’arif NU Tegalrejo, pendekar Pagar Nusa se-Magelang dan tim drum band akademi militer. ( Tim Reportasi LTN NU/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »