Istiqomah Berbagi Ilmu saat Naik Haji , ngajari Guru Indonesia Di Tanah Suci

Jeddah (wartaonline.co.id) 17/9

Hj.Istiqomah bersama keluarga naik haji tahun ini didampingi oleh suami bersama rombongan jamaah Haji Indobesia.

Istiqomah Sosok guru yang tidak tinggal diam. Saat selesai menjalankan rangkaian rukun wajib haji ditanah suci, kini menyempatkan berbagi ilmu dengan para guru indonesia yang berada di sekolah jeddah Indonesia.Arab saudi. Berikut liputan yang dikirim langsung ke meja redaksi wartaonline.co.id.

Tempat: Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)
Kepsek: Drs. sugiono
Materi: Kurikulum 2013 dan literasi Menulis Buku bagi Guru.
Lokasi di Jeddah.Materi Kurikulum 2013 yang dibahas ditekankan pada Literasi, Kecakapan Abad 21, Pembelajaran HOTS, dan pendidikan Karakter.
‘Materi tersebut sangat penting kami pelajari mengingat baru tahun ini SIJ menerapkan Kurikulum 2013 setelah dua tahun yang lalu menerapkan satu semester dan kembali ke KTSP 2006 sesuai dengan kebijakan Anies Baswedan, Mendikbud saat itu.

Kegiatan: awalnya d hanya diskusi dengan beberapa orang guru yang meminta Istiqomah untuk berbagi tentang menulis buku. Kegiatan yang ilakukan dari siang hingga malam hari pada Kamis, 14 September 2017 di rumah salah seorang guru, Dian Angraeni. Kegiatan nonformal tersebut berakhir hibgga pukul 23.00 Waktu Kerajaan Saudi Arabia (KSA).
Merasa sangat tertarik dan belum puas dengan apa yang mereka dapatkan hari itu, para guru kemudian meminta Kepsek SIJ untuk menghadirkan Istiqomah, Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Batu, dalam kegiatan yang lebih formal dan terstruktur di sekolah.

“Maklum sudah dua tahun kami tidak mendapat pelatihan dengan narasumber dari tanah air.” Jelas Dian Anggraeini kepada Hj. Istiqomah yang di kirimkan ke wartaonline.co.id

Keinginan tersebut direspon positif oleh kepala sekolah. Hingga terwujud kegiatan “Sehari Bersama Bu Istiqomah” pada hari Sabtu, 16 September 2017.

Respon para guru sangat positif.
” Ibu telah membuka wawasan kami, memberi pencerahan pada kami yang masih bingung tentang K 13,” begitu ungkap salah seorang guru saat diminta memberi kesan dan pesan dalam sesi penutupan. Beberapa guru menyatakan bahwa mereka sangat berterima kasih dengan kehadiran Istiqomah di tengah kehausan mereka akan informasi dan dinamika pendidikan termasuk Kurikulim 2013.

“Insyaallah setelah ini saya akan membantu teman-teman guru SIJ belajar terutama tentang K 13 dan menulis buku secara online maupun offlina via FB, email, maupun WA,” ungkap Istiqomah yang juga trainer menulis buku di MediaGuru.(ist/sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »