Istighotsah Sebagai Perekat solidaritas muslim

Pasuruan (wartaonline.co.id) 9/9

Istighotsah Jum’at legi, 8/9/2017 PCNU Kab Pasuruan dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Desa Asem Kandang Kraton
berlangsung hidmat.

pasalnya istighotsah kali ini bertajuk Aksi Solidaritas peduli kepada saudara muslim Rohingya, Miyanmar yang saat ini tengah didlolimi oleh rezim yang berkuasa. Mereka tidak hanya mengusir muslim Rohingya bahkan militer Miyanmar melakukan pembakaran, penyiksaan dan pembunuhan.
Tindakan biadab yang dilakukan pemerintah militer Miyanmar sungguh telah mengganggu perdamaian dunia bahkan konflik politik ini sudah sulit dibedakan dengan konflik agama.

Oleh karena itu dunia telah mengutuk Miyanmar bahkan Indonesia sangat agresif membantu pengungsi Rohingya dan bernegosiasi dengan pemerintah Miyanmar agar segera menghentikan aksi biadab tersebut.

Sebagai sesama muslim kaum nahdliyin PCNU Kab Pasuruan turut terpanggil untuk melakukan doa bersama dan istighotsah agar peristiwa kemanusiaan di Rohingya segera selesai.

Antusias warga NU dalam istighotsah kali ini sangat besar, tak kurang dari 2000 warga berdatangan. Panitia menyediakan konsumsi sejumlah 1700 bungkus ternyata ludes. Hadir dalam acara tersebut KH Muzakki Birrulalim rois syuriah, wakil rois KH Maksum Hasyim, Plt ketua KH Sonhaji Abdusdomad dan seluruh jajaran syuriah dan tanfidiyah.

Dalam sambutanya Gus Son mengingatkan akan perjuangan muslim Rohingya saat mengusir Inggris di Miyanmar, bahkan beberapa tokoh penting Rohingya pernah menduduki jabatan penting, itu artinya tak ada alasan jika muslim Rohingya tidak diakui sebagai bagian dari Miyanmar, lalu diusir,” kata Gus Son.

Jika LTNNU bisa mengusulkan maka seharusnya Aung San Suun Kyi, yang paling bertanggung jawab dan diusulkan agar diseret ke mahkamah international. Indonesia bisa menaikkan tensi politik luar negerinya menjadi inisiator pengusung opsi mahkamh international untuk Aung San, jika Hilter saja bisa mengapa Aung San tidak bisa ?.

Dalam kesempatan yang sama dalam istighotsah Lazisnu menggalang dana dari jamaah, hasilnya lumayan, ada Rp 1.490.000 yang terkumpul dan diserahkan kepada ketua mwc nu Kraton, untuk solidaritas Rohingya atau untuk organisasi MWCNU kraton (irh/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »