Mengenang Perjuangan Muhammad Dahlan ketua PBNU menjadi Menteri Agama Asal Pasuruan Jatim

Pasuruan (wartaonline.co.id) 16/8

Perjuangan Kyai Muhammad Dahlan Asal Pasuruan

Muhammad Dahlan kelahiran Pasuruan tanggal 12 juni 1909, bertepatan pada tgl 14 jumadil ula 1327 H di desa Mandaranrejo kota Pasuruan Jawa Timur.

Muhammad Dahlan putera ke empat dari delapan saudara dari Pasangan H. Abdul Hamid dan Kasminah. Ada delapan saudara yakni Muhamad Hasyim, Hasan dan Husen (kembar meninggal saat dilahirkan), muhammad Dahlan , Baidhlowi (meninggal waktu di lahirkan), maimunah Hafsyah Dan Zainab.nenek moyangnya berasal dari daerah Mandar Sulawesi yang di asingkan oleh pemerintah Belanda ke pantai Pasuruan.

Namun Dahlan sendiri merupakan darah campuran yakni kakeknya bernama H.Ali berdarah Makassar yang menikah dengan Suti asal daerah Mayangan Pasurusn Jawa Timur, dari Pasangan Ali-Suti mempunyai keturunan anak bernama Abdul Manaf setelah menunaikan Ibadah Haji bergelar Haji Abdul Hamid sehingga menjadi tokoh agama di kampungnya.

Ayah Ibu Dahlan termasuk orang disiplin untuk menanamkan kesadaran pada putera putrinya. Di samping bimbingan dari kedua orangtuanya dahlan di suruh ngaji di ponpes kyai Haji Khuzaimi dan Kyai Haji Yasin kebonsari. Di kedua pondok pesantren ini Muhammad Dahlan belajar ilmu agama tingkat dasar seperti Fiqih dan Ilmu alam.
Teman samasa mondok di pesantren bernama Ahmad Jufri dan mas Imam.
Untuk menambahkan ilmunya Dahlan di suruh ngaji di pondok kyai Kholil Bangkalan . Pondok kyai kholil ini terkenal di jadikan tempat belajar kyai kyai besar seperti kyai Hasyim Asy’ari, kyai Wahab Casbullah dan kyai Bisri Samsuri.
setelah yantri di pondok kyai Kholil wafat , dahlan berguru pada Kyai HasyimAsy’ari di ponpes Tebu ireng jombang jawa Timur.
Setelah berguru pada kyai Hasyim Asy,ari di jombang dia aktif di organisasi keagamaan. Dahlan aktif di organisasi Nahdlatul ulama (NU) yang dibentuk oleh kyai Hasyim Asy,ari dan ketemu ulama ulama besar seperti Wahid Hasyim kyai Haji Masykur.
Pada muktamar NU ke 22 di jakarta tanggal 13-18 desember 1959 muhamad Dahlan memimpin sidang muktamar di kenal di kalangan NU .

Pada tahu 1967 dia diangkat oleh presiden menjadi menterk agama melaui kepres nomor 171/1967 pada tanggal 11 Oktober 1967. Muhammad Dahlan di percaya menjadi menteri agama dalam kabinet pembangunan 1 hingga tahun 1971. Selepas jabatan Menteri agama menjadi anggota Dewan pertimbangan Agung sampai akhir hayatnya.
Muhammad Dahlan wafat di makamkan di makam pahlawan kalibata jakarta, tanggal 1 februari 1977 atau 12 shafar. Karena jasa jasa kepahlawanannya pemerintah memberikan pengakuannya membangun bangsa dan negara sehingga di makamkan di makam pahlawan. ( subari reporter LTNU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »