Gus Ipul Daffar BaCagub jatim lewat Partai Golkar?

Surabaya (wartaonline.co.id) 19/8

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengembalikan formulir pendaftaran ke Kantor DPD I Partai Golkar Jatim, Sabtu (19/8/2017). Sebelumnya di tempat yang sama, utusan Bacagub Nurwiyatno, Onny Setiawan menyerahkan formulir pendaftaran Inspektur Provinsi Jatim itu.

Kedatangan Gus Ipul ke panitia pendaftaran Bacagub jatim di sejretariat partai Golkar itu, disambut sejumlah fungsionaris Partai Golkar. Diantaranya, Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim, Freddy Purnomo dan Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak.

Sedangkan Gus Ipul diantar oleh Bendahara Umum Pengurus Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim yang juga anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB, Anik Maslachah.

“Saya mendaftar ke Partai Golkar karena ingin mengajak sebanyak mungkin partai-partai untuk membangun Jatim,” kata Gus Ipul usai mengembalikan formulir.

Selain Partai Golkar, Gus Ipul sudah mendaftar dan mengembalikan formulir pendaftaran di tiga partai lain, yakni Partai Demokrat, Partai Hanura dan PDIP. Mantan ketua umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor sejauh ini tidak berniat untuk maju melalui semua partai yang duduk di kursi legislatif. Pasalnya, hal itu sangat tidak mungkin.

Yang paling bisa dilakukan Wakil Gubernur Jatim itu adalah maju melalui partai-partai tertentu.

“Partai Golkar sudah dua kali mendukung saya ketika maju menjadi Wagub Jatim. Saya sendiri sudah sering berkomunikasi dengan Partai Golkar, tidak hanya pada acara formal tapi juga informal,” ujarnya.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim, Freddy Purnomo menjelaskan, saat ini sudah ada sebanyak empat tokoh yang maju menjadi cagub Jatim lewat Partai Golkar. Selain Gus Ipul, ada Perwira aktif Mabes Polri, Kombes Syafiin, Mayor Jendral Purn Estu Hari Subagyo dan terakhir Kepala Inspektorat Jatim, Nurwiyatno.

“Awal bulan depan, kami akan undang semua bacagub untuk menyampaikan visi dan misi dihadapan fungsionaris dan semua kader Partai Golkar,” tuturnya.

Setelah menerima pengembalian formulir pengembalian ini, DPD Partai Golkar Jatim akan memproses dan memverifikasi formulir tersebut. Nantinya, nama-nama bacagub akan diserahkan ke DPP Partai Golkar untuk mendapat rekomendasi.

Sejauh ini, belum ada pembahasan mengenai sosok yang akan menjadi pendamping cagub karena masih fokus menggosok nama cagub.

“Kalau saya secara pribadi mendukung Gus Ipul. Tapi semua saya kembalikan pada partai,” timpal Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak. (q cox,/sob/ Wb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »