Wisata Pantai Kalirejo Pasuruan perlu di kembangkan

Pasuruan ( wartaonline.co.id) 2/7

Akhir pekan hari Raya idul fitri 1438 H di tandai dengan aneka cara .salah satunya yang di lakukan di desa Kalirejo kec. Kraton Kabupaten Pasuruan ini dengan cara Tasyakuran kupat serta pergi ke laut naik perahu (peraunan) sambil makan ketupat diatas perahu.

Tradisi peraunan ini telah menjadi teradisi turun temurun dilakukan oleh sebagai ungkapan. Bersyukur kepada allah SWT.

” ya cara kupatan ini pada hari ke tujuh ini sudah menjadi tradisi masyarakat. Sanak saudara pada hari Raya ke Tujuh ini datang ke rumah sanak familinya ” katanya arif ketua Rt.02 Dukuh gumeng desa kalirejor kecamatan kraton kabupaten pasuruan.

Sementara pantauan wartaonline.co.id di lokasi pada siang hari minggu (2/7).para tamu mulai memuncak. para tamu mulai berdatangan dari segala penjuru sehingga sempat memacetkan jalan kisik kaligung sepanjang 4 km dari 2 arah timur dan barat.
Karena padatnya penduduk sehingga kurang di daerah wisata pantai kalirejo kecamatan kraton perlu di carikan jalan alternatif.

mohamad sobari Direktur komunitas Peduli lingkungan Indobesia di Pasuruan mengatakan ” kami mengusulkan agar pemerintah memperhatikan peluang pengembangan wisata Bahari di Pantai kalirejo kec.kraton ini.” katanya.

mohamad sobari aktivis peduli lingkungan dan seorang pendidik ini merupakan tantangan ingin merubah image Desa kalirejo dulunya di sebut daerah pantai kotor dan sering berkelahi kini akan menjadi pantai wisata Bahari juga tempat penelitian pemanfaatan tanaman pohon mangrove yang tumbuh di sekitar pantai yang saat ini belum dimanfaatkan oleh masyarakat.

mohamad Adief kades Kalirejo mendukung gagasan masyarakat tersebut ” ya saya mendukung gagasan tersebut sepanjang bermanfaat bagi masyarakat ” katanya kepada wartawan .

Sementara Sudiono Fauzan ketua DPRD kabupaten Pasuruan ditempat terpisah mengatakan mendukung usulan tersebut “ya kami akan mengkaji usulan masyarakat untuk pengembangan wisata bahari di Pantai Kalirejo kec.kraton kabupaten Pasuruan ” katanya.

Untuk mengatur arus jalannya arus lalu lintas saat lebaran ketupat di lokasi wisata . Ada anggota polsek kraton yang di pimpin oleh AKP Masroni mengerahkan anggota polsek serta dibantu banser serta satpol pp. saat lebaran daerah wisata pantai kalurejo macet sepanjang 4 km. (Sob/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »