Oknum Wartawan Peras PNS Di Tangkap Polisi

Jember (wartaonline.co.id) 24/7

Tugas wartawan sebagai kontrol sosial dimasyarakat kini tercoreng oleh olah oknum wartawan mingguan.

Diduga melakukan pemerasan terhadap seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), MA (52) seorang oknum wartawan tabloid, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jember, ini ditangkap Polisi di Depan SDN Jember Lor II.

Penangkapan tersangka bermula Jumat lalu (21/7/2017) saat ia sengaja menjebak korban (seorang PNS Kabupaten Jember) dengan “umpan” seorang wanita di sebuah hotel kelas melati.

Ketika dua pasangan terlarang itu keluar dari hotel, tersangka yang sejak awal menunggu di sekitar hotel, langsung menodong korban dengan sejumlah permintaan. Tidak tanggung-tanggung, tersangka meminta uang Rp 15 juta pada korban.

“Pelaku langsung meminta uang kepada korban, jika tidak diberi maka akan dilaporkan ke Bupati dan juga akan ramai di koran,” terang Kapolres AKBP Kusworo Wibowo SH SIK, Senin (24/7/2017),

Sambung Kapolres Jember, setelah dilakukan negosiasi antara pelaku dengan korban, akhirnya disepakati korban hanya mampu membayar Rp 5 juta. Namun pada waktu itu, korban hanya memiliki uang sebesar Rp 2 juta, sedangkan sisanya akan dibayar pada keesokan harinya di depan SDN Jember Lor.

Akan tetapi, pada malam harinya korban menghubungi Polsek Patrang. Sehingga dibuatlah skenario penangkapan kepada pelaku dengan cara korban akan memberikan sisa uangnya kepada pelaku. Saat uang diserahkan korban pada pelaku, petugas langsung melakukan penangkapan.

“Saat serah terima uang, kami langsung menangkap pelaku dengan barang buktinya,” ujar orang nomor satu di jajaran Polres Jember ini.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa, sebuah tabloid,  ID Card Pers Tabloid Investigasi Global yg tercantum foto dan nama tersangka,  satu (1) buku  notes book, satu (1) bolpoin,  dua (2)  Hand Phone dan uang tunai Rp 1 juta.

Akibat perbuatannya, tersangka harus mendekam di sel tahanan Polres Jember dan bakal dijerat pasal  368 ayat (I) sub pasal 369 ayat (I), ayat (2)KUHP.

“Tersangka sudah kami tahan untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya. (Gik/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »