Habib Taoufiq Assegaf : Mbah Slagah itu sudah Pahlawan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 3/7

Haul sayid Hasan Sanusi bin Abdulkah bin Saksrudin bin soleh semendi atau yang dikenal mbah slagah/mbah Sanusi yang ke 363 diperingati setiap hari ke 7 hari raya idul fitri itu di padati oleh jamaah.

Mbah Sanusi atau mbah slagah adalah salah satu pejuang yang melawan belanda dimakamkan didekat stadion kota Pasuruan jawa timur.

Untuk mengenang mbah slagah setiap tahun diperingati dengan houl (doa bersama) yang diadakan oleh keluarga yang di hadiri oleh ribuan jamaah yang memanjatkan doa di sekitar pemakaman didaerah kedung lo kota Pasuruan.

Haul mbah slagah yang tahun ini jatuh pada hari minggu 2 juli 2017 haul yang ke 363.menurut silsilah yang disusun oleh nadzib Imam bahwa mbah slagah masih keturunan siti fatimah.

menurut Ahmad salah satu keluarga mengatakan ” peringatan wafat mbah slagah biasanya di peringati setiap tahun pada hari ke tujuh” katanya.

Pada acara haul mbah slagah minggu 2/7 kemarin dihadiri oleh walikota, Habib Taufiq serta mantan walikota pasuruan.ketua DPRD kota pasuruan serta anggota DPRD Propinsi Jawa Timur.

Dalam acara itu Habib taufiq Assegaf memberikan tausiyah tentang amanat ” ya kalo jadi pejabat yang amanah semoga jabatannya manfaat ” katanya dihadapan jamaah .

Sementara saat dihadapan jamaah habib taufiq assegaf memberikan contoh mbah slagah ini adalah pahlawan.

Saat ditanya oleh wartaonline.co.id Sementara hingga saat ini keluarga tidak mengajukan untuk mbah slagah diakui sebagai pahlawan oleh negara.

“Jika pemerintah mau survei ke lokasi dan diberikan gelar pahlawan terserah saya persilahkan tetapi keluarga tidak mengajukan sebagai pahlawan ” ujar Ahmad saat ditemui setelah acara di kediamannya. (sob/tot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »