Menelusuri legenda Masjid Agung dan Asta Tinggi Sumenep

Sumenep ( wartaonline.co.id) 27/6

Suasana lebaran di depan Masjid Agung Sumenep Jawa Timur mulai hari Raya Idul fitri 1438 H kini ramai di kunjungi oleh wisatawan yang ingin berfoto.

Masjid Agung Sumenep adalah salah satu ikon wisata Relegi andalan di jawa Timur bahkan nasional.

Selama wartaonline.co.id mengamati dan ikuti sholat jamaah di masjid Agung Sumenep merasakan ketenangan dan kenyamanan.

Wartawan wartaonline.co.id mohamad sobari berkesempatan bertemu dengan Takmir Masjid H.RB. Mohamad Suyuti salah satu penerus kerajaan di Sumenep.

H. RB. Moh. Suyuti mengatakan ” Masjid Agung Sumenep setiap hari di kunjungi oleh ribuan jamaah apalagi saat hari raya idul fitri 1438 H. Banyak jamaah yang ziarah dan ikut jamaah.” Katanya.

Sementara dari pantauan wartaonline.co.id para jamaah dari luar daerah setelah ikut jamaah melanjutkan perjalanan ke makam para Raja di Asta Tinggi desa kebun agung kecamatan kota. Kabupaten sumenep.

Saat wartaonline.co.id menelusuri jejak para jamaah ini mereka langsung menuju lokasi makam di Asta tinggi .mereka sebelum masuk area pemakaman di minta laporan ke penjaga dengan menulis nama dan membayar se iklhasnya sedekah ke penjaga.

Kemudian mereka dipandu oleh petugas untuk ziarah ke makam raja.
Petugas penjaga makam saat mendampingi wartaonline.co.id di lokasi menceritakan tentang sejarah makam raja raja di sumenep. Selain itu juga menceritakan makam makam disamping dan disekitar makam adalah makam para keturunanannya.

” ya yang dimakamkan disini adalah para Raja dan keturunan Raja Sumenep yang ada tanda gelar RB: raden Bagus RA. Raden Ajeng” kata Ki Rasek penjaga makam Asta Tinggi. (Sob/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »