MADA MADA : salaman sepanjang 5 KM di Desa Kraton Pasuruan Jatim

Pasuruan (wartaonline.co.id) 25/6

Untuk mempertahan tradisi silaturohmi dan ukhuwah islamiyah di kalangan umat islam di plosok Nusantara perlu di lestarikan
Salahsaunya tradisi mada mada yang dilakukan oleh warga desa kraton kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan Jawa Timur.
Acara mada mada ini dilakukan oleh masyarakat telah terjadi puluhan tahun silam. Mada mada adalah silaturohmi salam salaman antar warga dengan keliling kampung kemudian berkumpul di pendopo kecamatan Kraton .
Acara tradisi mada mada ini dilakukan pada malam hari setelah sholat mahgrib hingga menjelang sholat Isyak.

Menurut pemantauan wartaonline.co.id di lokasi acara salam salaman ini diperkirakan sepanjang 5 kilo meter mulai dari pojok desa keliling dari dukuh ke dukuh dengan menghampiri warga satu persatu kemudian diajak bergabung menuju pendopo kecamatan.

Camat Kraton Drs. M.Zubad M.Si mengatakan ” ya saya mendukubg acara mada mada masyrakat kraton untuk menjalin ukuwah islamiyah dan silaturohmi antar warga ” katanya.

Warga setelah selesai di pendopo bersalaman dengan pak camat dan bu camat kemudian diminta menikmati suguhan camilan yang di sediakan oleh pak camat.

Sementara Imam Subagio Tokoh masyarakat Desa Kraton mengatakan” ya acara mada mada ini sudah Jadi tradisi puluhan tahun dilakukan oleh masyarakat desa Kraton perlu dilestarikan. Siapapun yang menjabat camat Kraton harus mendukung acara mada mada ini,sebagai jalan untuk menjalin ukuwah islamiyah dan juga sebagai wisata Relegi di kraton ini ” katanya.(sob/toto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »