Polres Kota Pasuruan Tangkap Pengedar Uang Palsu sebanyak Rp.374.750 juta

Pasuruan (wartaonline.co.id) 20/5

Menjelang Bulan Suci ramadhan 1438 H, jajaran Polres Pasuruan Kota, terus melakukan kewaspadaan dan ketertiban di wilayah kerjanya. Saat melakaukan patroli di wilayah Grati Pasuruan timur ada orang yang mencurigakan membawa tas hitam masuk ke toko kemudian membeli sesuatu setelah kembali penjual toko meneliti uang yang diterima ternyata palsu. Kemudian pemilik toko menghubungi petugas kepolisian saat patroli. Pelaku yang masih berada di sekitar loaksi kemduian dapat di tangkap. Pelaku berinisial E umur 38 tahun yang beralamat di mojokerto Jawa Timur.

E kemudian di tangkap kemudian di suruh menunjukan temannya dimana berada, setelah beberapa hari kemudian E menghubungi berinisial M umur 38 tahun yang beralamat di mojokerto. saat bertemeu di mojokerto itulah keduanya ditangkap polisi ternyata dia memang komplotan pengedar uang palsu.kemudian polisi terus mengembangkan kemudian menangkap lagi berinisial EY umur 51 .

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti uang sejumlah 674 lembar terdiri dari 338 uang 100 ribuan 255 uang 50 ribuan dan 81 uang 10 ribuan palsu. senilai Rp. 374.750.000,-
.00
Menurut pengakuan tesangka M ia mendapatkan uang ini dari teman di jakarta bernama Mat dengan cara membeli 1 juta uang asli mendapatkan 3 juta uang palsu dijual ke E senilai 3,5 juta uang palsu kemudian diedarkan oleh E dan EY .ia mendapatkan keuntungan sebesar 500 ribuan dari jual beli uang palsu ini.

Kapolres Pasuruan AKBP Rizal MaMartomo mengatakan ” ya pengedar ini ditangkap setelah melakukan transaksi di Grati kemduain di kembangkan menangkat pelaku lainnya, “katanya kepada wartawan saat pres komprensi di mapolres Pasuruan.
Pelaku akan dijerat dengan UU no.7 tahun 2011 tentang penegdaran uang palsu dengan ancaman sebanyak 10 tahun penjara. (sob/ham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »