Menyingkap Minat Baca Tulis Perpustakaan RI Gelar Roadshow Di Pasuruan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 16/5

Rendahnya minat baca dan pelaku litetasi saat merupakan masalah bagi perpustakaan RI. Sehingga harus menggelar roadshow ke daerah daerah untuk sosialisasi betapa pentingnya membaca buku itu.

Talkshow gerakan nasional gemar membaca berlangsung di pendopo kab pasuruan Senin, ( 15 Mei 2017) menghadirkan narasumber komisi X DPR RI ibu Latifah Sohib, kepala perpustakaan nasional jkt ibu Sri Sularsih, M.Sc, bp Sujono, MM kepala perpus dan arsip prop jatim dan mohamad Irham Zuhdi ketua LTN NU Kab Pasuruan sbg narasumber ( penulis buku Pasuruan nagari para Santri).

Acara yang di fasilitasi oleh dinas perpustakaan dan Arsip kabupaten Pasuruan ini cukup seru. Sebelum acara Talkshow di mulai masing pametari memberikan pandangan dan penjelasan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah tentang perbukuan.

Saat ini penulis buku sudah terpayungi oleh uu perbukuan. Disini penulis buku di jelaskan dengan dan kwajiban. Selama ini penulis merasa dirrugikan oleh penerbit.baru tahun 2017 bulan april uu perbukuan di syahkan oleh DPR RI ” jelas hj. Lutfiah Socib anggota DPR Ri.

Sementara saat ini banyaknya Berdiri perpustakaan tetapi masih sedikit pelaku litetasi. Menurut Mohamad sobari pengamat pendidikan dan pelaku litetasi mengatakan ” pemkab pasuruan harus melakukan inovasi inovasi untuk meningkatkan masyarakat gemar membaca,dengan menggandeng pendidik dan pelaku litetasi kreatif dan inovatif akan mudah mewujudkan ide yang nenarik untuk dijadikan ikon kabupaten Pasuruan sekaligus jadi bahan tulisan Pasuruan pemkab pasuruan masih mendatang.” Katanya kepada wartaonline.co.id.

Acara Talkshow yang dipandu oleh Anas Muslimin Host JTV semakin menarik dengan jok jok ke penanya . Para penannya diberikan kesempatan bertanya tentang bagaiman cara mebdapatkan bantuan buku dan hibah dari perpustakaan RI. Peserta menuangkan uneg uneg saat bertemu dengan anggota DPR RI serta kepala perpustakaan RI maupun propinsi jawa timur. Setelah bertanya para penannya diberi hadiah berupa buku bacaan dari panitia .

Sementara Mohamad Irham Zuhdi penulis buku Pasuruan Nagara Para Santri mengupas tuntas bagaimana kiat kiat menulis buku bagi orang yang malas menulis. (Ham/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »