Waspada! wabah Difteri landa Pasuruan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 16/4

Wabah diftery kini sudah mulai masuk di kabupaten Pasuruan. Di himbau masyrakat berhati hati karena beberapa daerah sudah ada kasus positif difteri dan ada korban meninggal dunia. 1 penemuan positif difteri sdh dikategorikan KLB (kejadian luar biasa).

Menurut Dr. Dina petugas puskesmas Grati dalam pesan singkatnya mengatakan penularan penyakit diftery ini sangat cepat dan komplikasinya yang berat hingga menyebabkan kematian dalam kurun waktu sekitar 1 minggu sejak terinfeksi kuman difteri. Jadi jangan heran jika ada yg dicurigai difteri maka yg bersangkutan dan keluargany bahkan sekampung, sesekolahan bisa diperiksa semua dan diharuskan minum antibiotik khusus difteri. Oleh karena itu teman2 perlu tau apa itu difteri.”katanya.

DIFTERI…adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium difteriae. Masa inkubasi (masa sejak kuman masuk ke tubuh hingga menimbulkan gejala) sekitar 2-5hr. Penularanny lewat droplet atau lewat udara…misal saat ngobrol, batuk, bersin. Mudah dan cepat sekali menular. Oleh karena itu yg dicurigai terkena difteri akan segera diisolasi di ruangan khusus di rumah sakit atau puskesmas.

Gejala-gejalany antara lain:
-panas tinggi dan menggigil
-terbentuk lapisan tipis putih abu2 yg menempel di tenggorokan atau amandel (beslag) yg mudah berdarah jika tergores
-tenggorokan merah (hiperemia)
-nyeri telan atau suara serak
-sesak nafas atau
nafas cepat
-disertai pembesaran kelenjar limfe di leher yg ditandai leher bengkak (bullneck)
-badan lemah dan lemas
-hidung beringus

Gejala yg tersering adalah panas, nyeri telan, dan bercak putih di tenggorokan.

Tapi ingat penyakit difteri juga sering tanpa gejala

Pengobatannya dengan diberikan ANTIBIOTIK yang harus diminum rutin slama minimal 7 hari.

Komplikasi:
Pengobatan difteri harus dilakukan sgera bahkan lbh baik dberikan pada yang dicurigai difteri utk mencegah penyebaran dan komplikasi yg serius terutama pada penderita anak-anak. Karena 1 dari 5 penderita anak-anak atau penderita diatas usia 40th meninggal krn komplikasi yg serius. Komplikasinya meliputi gangguan pernafasan, kerusakan jantung (miokarditis) dan kerusakan saraf.

Tersering kuman difteri hari ke 5 menyerang otot jantung menyebabkan miokarditis dan meninggal beberapa hari kemudian. Komplikasi yg serius inilah mengapa difteri dinyatakan sebagai Kejadian luar Biasa dan harus segera mendpatkan pengobatan secara tepat.

Masih dari dr. Dina jika disekitar kita ada yang mengeluh panas dan nyeri telan apalagi disertai bercak putih di tenggorokan..sarankan utk SEGERA BEROBAT ya ke pelayanan kesehatan terdekat utk sgera mendapatkan ANTIBIOTIK. Karena sebenarnya kuman ini sangat sensitif (mati) dengan antibiotik. Tapi jika terlambat diobati bs mengancam nyawa penderita juga orang-orang di sekitarnya.

Penting juga untuk IMUNISASI bagi balita untuk mencegah terkena difteri dan komplikasiny yg serius

Sebarkan info ini ke keluarga, teman2 dan smua group yg teman2 miliki agar semua mawas diri terhadap difteri
Semoga bermanfaat.(sob/wan)
Ditulis kembali oleh dr. Dina PKM Grati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »