Tol Bangil-Rembang Pasuruan buka siang hari digratiskan

Pasuruan (wartaonline.co.id)

Operasional Tol pasuruan tanf di coba oleh Bupati Paauruan Irsyad Yusuf kini masih dibuka siang hari melintas di ruas jalan tol Bangil – Rembang, Pasuruan, Jumat (31/3/2017).

Bupati Pasuruan Irsyad Tusuf menjajal jalan tol sepanjang 7,9 kilometer itu dengan menaiki mobil polisi. Irsyad menyetir sendiri mobil polisi dengan bak terbuka itu. Dia ditemani ajudan dan beberapa polisi.

Di atas bak terbuka, ada beberapa wartawan televisi yang ikut untuk mengambil gambar. Irsyad dan rombongan masuk melalui pintu gerbang tol Bangil diikuti rombongan dari manajemen pengelola tol dari PT Trans Marga Jatim Pasuruan dan Badan Pengatur Jalan Tol, serta pejabat Pemkot Pasuruan.

Irsyad menjelaskan, Tol Bangil-Rembang sangat strategis sebagai sarana infrastruktur pendukung Pasuruan sebagai kawasan ekonomi di gerbang kawasan Tapal Kuda dari Surabaya.

“Orang dari Surabaya jika akan ke Bali melalui jalur darat, pasti lewat Pasuruan,” jelasnya.

Uji coba tol Bangil-Rembang dilakukan setelah keluarnya sertifikat Layak Operasi Jalan Tol dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bernomor JL.03.04-P/67, dua hari lalu.

Selama uji coba, tol digratiskan hingga dikeluarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang tarif tol.

Segemen Bangil-Rembang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 kilometer, yang menghubungkan Kecamatan Bangil dan Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan sepanjang 7,9 kilometer.

Jalan Tol Gempol-Pasuruan dibangun sejak 2012 dengan investasi Rp 4,031 trilliun dan masa konsesi selama 45 tahun.

Sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), pengerjaan tol dibag menjadi 3 seksi, yaitu Seksi I Gempol-Rembang (13,90 Km), Seksi II Rembang-Pasuruan (6,6 Km) dan Seksi III Pasuruan-Grati (13,65 Km). (sob/hum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »