Rumah Baca Al fikri Berikan layanan latihan Baca Tulis

Pasuruan (wartaonline.co.id) (18/4)

Rumah Belajar al fikri yang berada di desa Bendungan kec.kraton kabupaten pasuruan jawa timur. Kini memberikan bimbingan belajar baca tulis.

selain belajar baca tulis juga di sediakan buku buku bacaan yang bisa memotivasi masyarakat sesusai keinginan pembaca. Mulai buku politik dan ekonomi, pertanian dan tehnologi serta lain lain.

Rumah belajar al fikri didirikan sejak tahun 2007. Awalnya didirikan rumah baca ini saat kang sobari prehatin terhadap masyarakat yang ada disekitar mayoritas nelayan yang belum bisa baca tulis karena putus sekolah.

Pada tahun 2007 ketua rumah baca al fikri kang sobari mengikuti lomba festival video edukasi kemudian menang juara 2 nasional. Uang hasil lomba itu kini dibelikan rumah yang ditempati rumsh belajar al fikri ini.

Melihat kondisi rumah baca al fikri kekurangan buku, pihak pengurus berusaha mencari buku buku untuk bisa dibaca oleh masyarakat. Salah satunya saat pergi ke luar kota pasti membawa oleh oleh buku. Sehingga koleksi buku bertambah terus.selain itu juga dapat buku dari masyarakat yang menghibahkan bukunya yang sudah tidak dibaca lagi kami siap menampungnya.

Tahun 2010 dinas perpustakaan dan arsip memberikan tambahan buku untuk menambah koleksi dirumah baca al fikri.

” ya alhamdulillah rumah belajar al fikri kini juga bisa melayani memberikan bimbingan baca tulis, selain menyediakan buku bacaan” kata kang sobari.

Yang menjadikan kendala mengapa masyarakat saat ini malas baca buku karena adanya internet yang bisa mengunduh dan baca tulisan.tetapi menurut kang sobari, baca tulisan diinternet cepat lupa tetapi jika baca buku akan mudah mengingatnya. Apakah hal ini betul atau kebetulan saja waullahu alam . coba saja sendiri.

Ada beberapa karya buku yang telah di hasilkan antara lain :

1. Kiat menjadi presenter TV
2. Menanam sayur dilahan sempit
3. Membuat kreasi bunga dari limbah plastik
4. Budidaya jamur tiram dan pengolahannya.
5. Buletin al fikri

Jika masyarakat ingin baca dan belajar menulis silahkan kunjungi rumah baca Al fikri di perumahan Perum kraton Harmoni jl. Lesanpura 2 blok b8 no.7 RT.02/XI desa bendungan kec. Kraton kabupaten Pasuruan jawa Timur.(samping masjid Gusdur)
email.sobaripsr@gmail.com

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat jam buka baca jam 08.00 sd 20.00 dan belajar menulis jam 18.00 sd 20.00. Materi yang diajarkan meliputi mata pelajaran sekolah / umum dan baca tulis al qur’an (BTQ) . Jika hari minggu belajar menulis artikel / buku. Jam 08.00 sd 12.00 wib.(sesuai kesepakatan peserta).

Buku buku yang ada sebagian besar sudah dibaca oleh masyarakat sehingga perlu buku baru yang bisa menggairah minat baca masyarakat. (Sob/ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »