Mahasiswa UINSA Juara Nasional Debat Managemen Pendidikan

MALANG (wartaonline.vo.id) 30/4

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) meraih juara nasional debat managemen Pendidikan yang di selenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) jurusan Administrasi Pendidikan.

Lomba debat managemen Pendidikan itu berlangsung 28-29 April 2017 di Gedung E-1 FIP UM diikuti sejumlah mahasiswa perguruan tinggi negeri se Indonesia.

Tim juri yang terdiri DR Supriyanto Subakir M.Pd (Tim Leader Unicef), Drs.Syaiful Anam (Jurnalis/pengurus PWI Jatim) dan Dra.Widji Sulistyowati (Dinas Pendidikan Bondowoso) menetapkan tiga juara nasional, masing-masing : Tim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang mengirimkan dua tim, keduanya sebagai juara I dan II serta Tim dari Universitas Brawijaya Malang sebagai juara III.

“Sangat atraktif dan cerdas. Penilaian dari tiga aspek, yakni : sopan santun, cara penyampaian argumen dan kesesuaian penyampaian argumen dengan materi,” kata Syaiful Anam, tim juri. Materi yang disajikan panitia cukup menantang dan aktual, misalnya : Penerapan Full Day School, Kurikulum dan Pembentukan Karakter Siswa, Alih Kelola SMK/SMA dari Kabupaten/Kota ke Provinsi, Kesejahteraan Pendidik, dan lainnya.

Dekan FIP UM Prof. DR. Bambang Budi Wiyono M.Pd mengemukakan, kegiatan ini digelar untuk melatih kepekaan mahasiswa terhadap masalah aktual pendidikan yang terjadi saat ini serta bagaimana menyikapi dan mencari solusi sesuai manajemen pendidikan.

Sebelumnya pernah digelar lomba serupa se-wilayah Jawa dan Bali. “Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk melatih kepekaan mahasiswa. Kedepannya perlu dipertahankan dan ditingkatkan,” kata DR DR Supriyanto Subakir M.Pd (Tim Leader Unicef).

Selain memilih juara tim, juga menetapkan personal Best Speaker yakni cara menyajikan yang paling menarik, dan dimenangkan mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang.

Meski acaranya berlangsung dua hari cukup melelahkan, namun para peserta tampak bersemangat. “Saya senang kegiatan seperti ini karena bisa bertemu dan berkenalan dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, menjalin kekompakan dan menambah wawasan,” ujar Bayu Candra Pamungkas, dari UINSA yang timnya menjadi juara I.  (yon/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »