wisata Batu Ampar Pamekasan perlu dibenahi

Pamekasan (wartaonline.co.id) 10/3

Perjalanan pengurus LTN NU jatim ke makam di batu Ampar pamekasan jawa Timur berjalan lancar dan menyenangkan. Setelah tiba di masjid dekat lokasi makam habaid di batu ampar menunaikan ibadah sholat asyhar. Kemudian melanjutkan ke makam membaca yasin dan tahlil untuk habaib yang di makamkan di area makam Batu ampar.

Batu ampar salah tujuan wisata Relegi yang selama ini dikunjungi oleh para peziarah yang datang dari berbagai penjuru nusantara.
Rombongan pengurus LTN Nu jatim ketika sampai di lokasi banyak pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Maklum mereja mencari rezeki berdagang di tempat wisata ini debgan harapan mendapatkan keuntungan lebih. Tetapi rata-rata pedagang disini kurang sopan dan tidak beretika sehingga terkesan memaksa peziarah harus membeli barang dagangannya agar laku.

Hal ini sangat di sayangkan oleh kang sobari ketika mau masuk mobil para pedagang masukan barang dagangannya kedalam mobil dengan menawarkan memaksa terpaksa beli.

Pengalaman inilah membuat risih para peziarah yang lain sehingga akan mempengarui image wisata Batu ampar pedagangnya kurang sopan.hal ini perlu adanya pembinaan dari insntansi terkait agar diberikan pendidikan etika berdagang baik seperti ajaran Rasululloh saw.ketika berdagang.

“Ya pedagang disini perlu diajari berdagang yang baik dan beretika yang baik dan sopan dan ramah, sehingga dengan berdagang yang sopan juga akan membawa dampak citra bagi peziarah yang lain.” Pinta kang sobari

Selain itu perlu adanya informasi sejarah biografi habaib yang dimakamkan di pemakaman ini sebagai informasi wisata relegi.kurangnya informasi wisata di madura membuat peziarah bingung dan kecewa. Padahal peziarah sudah meluangkan waktu dan tenaga ke lokasi dengan harapan bisa khusuk berdoa dan mengetahui sejarah wisata relegi yang ada di sini. Semoga pihak instansi terkait ada tindakan yang membawa perubahan dengan ada media informasi ini. ( sob/rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »