Perlunya Ilmu Komunikasi dan Kepustakaan

Resensi BUKU

Identitas Buku
Judul : Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan
Pengarang : Drs. Pawit M Yusup, M. S
Penerbit : Bumi Aksara
Tahun Terbit : 2009
Tebal : 489 halaman

Buku ini sifatnya sebagai pembuka jalan untuk memahami konsep ilmu informasi, komunikasi dan kepustakaan secara komprehensif. Pandangan umum dan konsep dasar teoretis akan dunia informasi, komunikasi dan sosial dalam konteks fungsional yang di mulai dari konsep dan pengertian komunikasi informasi kepustakaan dan perpustakaan, dilanjutkan kepada pengembangan konsep dan pemahaman teori dan seterusnya dikembangkan secara aplikatif termasuk contoh-contohnya. Setiap bab memang bersifat mandiri, namun jika dilihat dari keseluruhan bab , isinya merupakan satu kesatuan yang utuh mengenai aplikasi secara selektif teori-teori ilmu sosial komunikasi dalam perspektif dunia informasi, kepustakaan dan perpustakaan.

Bagian awal buku ini berisi tentang memahami konsep teori ilmiah , metode ilmiah dan penemuan ilmiah untuk dunia komunikasi, informasi dan kepustakaan termasuk perpustakaan. Aliran teori yang digunakan untuk mendukung penjelasan ilmu perpustakaan dan informasi di sini antara lain teori struktural fungsional, psikologi behavioristik dan kognitif, interaksionis, interpretif, teori-teori komunikasi dengan berbagai model khasnya seperti used and gratification, teori ketergantungan, teori harapan, model agenda setting dan model jarum suntik.

Pembahasan dilanjutkan tentang fungsi dan kedudukan perpustakaan serta pusat-pusat kelembagaan informasi dalam kehidupan masyarakat. Dalam dunia kelembagaan informasi dan perpustakaan, yang di maksud dengan masyarakat adalah semua orang yang secara sosiodemografi tercakup dalam jangkauan tujuan pelayanannya. Perpustakaan merupakan bagian integral dari struktur sosial, yang secara khas membidangi pengelolaan informasi dan sumber-sumber informasi. Oleh karena tugasnya yang khas seperti itu maka hampir di semua lembaga atau organisasi sosial di masyarakat, selalu ada perpustakaan.

Anggota masyarakat di semua tingkatan adalah pengguna perpustakaan, setidaknya pengguna potensial karena mereka belum berkesempatan untuk datang mencari informasi ke perpustakaan. Sedangkan mereka yang sudah datang ke perpustakaan di sebut pengguna aktual.
Perpustakaan mengembangkan konsep berbagai informasi dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi-fungsi layanan perpustakaan, antara lain menambah sumber informasi yang tersediai; memperluas aksesbilitas sumber informasi; mengurangi biaya operasioanal; meningkatkan penyerapan sumber informasi. Dari beragam bentuk layanan yang sering disediakan oleh perpustakaan, namun tujuan utamanya hanya satu , yakni dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan informasi yang sesuai dengan keinginannya.
Penulis Abstrak

Nama : Dra. St. Zulaichah
NIP : 195911011982032005
Pangkat / Golongan : Pembina TKI/ IV B
Jabatan : Pustakawan Madya
Unit Kerja : UIN Sunan Ampel Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »