Kominfo Sediakan 1 Juta Domain Gratis untuk UKM

Malang – Wartaonline (6/1) Pemerintah terus mendorong tumbuhnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menggunakan teknologi digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyediakan 1 juta nama domain beserta hostingnya untuk UKM secara gratis.

“Kebetulan penyedia hosting ini ada di Malang. Servernya ada di Surabaya tapi customer servicenya ada di Malang,” ujar Rudiantara Menkominfo saat meresmikan agrosegar.com di Balaikota Among Tani Batu, Kamis (5/1/2016) malam.

Di Indonesia, kata Rudiantara, ada 58 juta UKM diharapkan bisa menggunakan teknologi digital. Domain gratis yang disiapkan pemerintah juga termasuk bimbingan selama setahun kepada UKM.

“Agar mereka memanfaatkan teknologi digital dengan baik sehingga produknya bisa dikenal luas, terjual cepat dan laku lebih banyak,” katanya.

Kominfo akan menyediakan infrastrukturnya dan ekosistemnya, tapi regulasi perdagangannya tetap minta izin pada menteri perdagangan, karena ini masuk ranah tata niaga.

Selain mendorong UKM, Menkominfo juga mendorong terciptanya teknopreneur attau wiraswasta di bidang digital (startup). Gerakan 1000 startup sampai tahun 2020 diharapkan bisa terseleksi 10 startup yang memiliki nilai lebih.

“Paling tidak di tahun 2020 minimal ada 10 pengusaha digital seperti gojek. Nanti pada tahap awal disaring dan diberi modal,” katanya.

Sekadar diketahui, kunjungan Menkominfo di Jawa Timur 5-7 Januari 2017, juga diikuti Darmin Nasution Menteri Koordinator Perekonomian, Basuki Hadimoeljono Menteri PU PR, Enggartiasto Lukito Menteri Perdagangan dan Johan Budi Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi.

Lima orang wakil pemerintah pusat ini juga mampir di Balaikota Among Tani Batu untuk meresmikan wadah e commerce milik pemerintah kota Batu yang diberi nama agrosegar.com, tempat jual-beli hasil pertanian di Batu secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »