Perkuat karakter ngaji kitab Adab Al-Alim karya KH. Hasyim Asy’ari

Pasuruan (wartaonline.co.id) 20/12

Perkuat Character Building anak didik dan pendidik Nahdlatul Ulama, Lembaga Pendidikan Ma’arif (LPM) NU Kabupaten Pasuruan gelar Bedah Kitab Adab Al-Alim Walmutaalim karya KH. Hasyim Asy’ari bertempat di Graha NU Kabupaten Pasuruan. “Kitab Adab Al-Alim Walmutaalim karya Rois Akbar KH. Hasyim Asy’ari adalah kitab primbon dalam membangun Character Building. Rois Akbar secara Seimbang memaparkan kewajiban & hak-hak seorang Kyai atau Guru yang harus menjadi Teladan bagi santri atau muridnya. Begitu juga bagi santri atau murid kepada gurunya. Sehingga diantara kedua belah pihak ada alaqoh dan mahabbah yang kuat. Baik ketika masih hidup bahkan pasca wafat sang Kyai.” Ungkap KH A. Mujib Imron, SH. MH, selaku Ketua LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan tersebut (15/12/2016).

Sementara ini, kajian kitab tersebut hanya diajarkan di Pesantren. Setelah kegiatan bedah kitab tersebut, LPM Ma’arif berharap kitab tersebut akan dapat diajarkan di lembaga-lembaga formal atau non-formal di Kabupaten Pasuruan. “Dengan bedah kitab, kita ingin sosialisasikan tidak hanya di pesantren tapi juga dikenal dan difahami serta diajarkan di lembaga-lembaga formal atau non-formal.” Lanjutnya. “PC LPM NU Kabupaten Pasuruan juga menyediakan 300 kitab tersebut dan diberikan gratis bagi yang hadir auwal fal auwal fal auwal.” Pungkas Pengasuh Ponpes Al-Yasini Wonorejo Pasuruan tersebut.

Bedah kitab tersebut juga meningkatkan ghirroh budaya bertabarrukan kepada Kyai atau Guru kita masing-masing. “Ada ghirroh untuk mengembalikan budaya tabarrukan kepada guru dengan bentuk sam’an wa thoatan, tawadhu’ dan muhibbin yang hari ini sudah mulai hilang.” Kesan Sofwan AR diselah-selah mengikuti bedah kitab tersebut. Adapun narasumber dalam kegiatan bedah kitab tersebut adalah Dr. Nasrullah, M.HI selaku Dosen dan Pengasuh Ma’had Aly UIN Malang dan pembandingnya adalah KH. Muhib Aman Aly selaku Katib Syuriyah PCNU Kabupaten Pasuruan. (sob/mah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »