NU Bakal Bantu Pembiayaan Modal Usaha

urabaya (artaonlne.co.
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan NU Expo 2016 di Surabaya, Lembaga Perekonomian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP PBNU) melakukan berbagai upaya untuk membantu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di bawah naungan NU agar dapat mengakses bantuan pemerintah untuk usaha produktif warga NU.
Dari tujuan itu, LP PBNU melakukan sinergi program dengan Kementerian Keuangan, Kamis (22/12) di Gedung Kemenkeu Surabaya, Jalan Gandrung No 5. Upaya ini dilakukan agar usaha-usaha produktif warga NU dapat terbantu secara materi atau permodalan sehingga produksi dapat terus dilakukan.
Wakil Ketua LP PBNU Jaenal Effendi menerangkan, upaya bersama ini dilakukan untuk membantu lembaga keuangan mikro dalam pembiayaan UMKM warga NU. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para pengurus wilayah untuk melakukan langkah bersama seperti apa sebagai tindak lanjut dari semangat membangkitkan perekonomian warga NU.
“Meskipun hal ini masih piloting,tapi harus berhasil karena kita tidak ingin perhelatan NU Expo ini hanya sebatas seremonial tetapi juga action dalam rangka kemanfaatan ekonomi umat jangka panjang,” ujar Jaenal.
Pembiayaan yang dinamakan ultra mikro ini, lanjutnya, adalah pembiayaan skala kecil, yaitu 1,5-5 juta dan untuk skala sedang 5-10 juta. Pembiayaan ini diperuntukkan bagi warga NU yang mempunyai usaha produktif.
“Adapun yang mengelola pembiayaan ini yaitu lembaga keuangan mikro, bisa koperasi pondok pesantren, koperasi berbasis syariah, dan BMT yang telah berbadan hukum serta di bawah naungan NU,” paparnya.
Dia menjelaskan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan akan menyediakan alokasi sebesar 1,5 triliun di tahun 2017 untuk kebutuhan ini di seluruh Indonesia. LP PBNU dan Kemenkeu menggandeng UKM Center Universitas Indonesia untuk mengkaji piloting agar program penunjang ekonomi produktif ini tepat sasaran.
Hadir dalam pertemuan ini Ketua PBNU Eman Suryaman, Wasekjen PBNU Suwadi D. Pranoto, pengurus LP PBNU, Ketua LPNU Jawa Timur Arif Afandi, Direktur Pembinaan dan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU) Kementerian Keuangan Djoko Hendratto, dan Direktur UKM Center UI Nining Soesilo. (Fathoni/ob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »