Warga Desa Kraton Peringati wafat Mbah Busro

Pasuruan (wartaonline.co.id) 26/11
Warga Kraton kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan jawa timur etiap tahun menggelar Haul mbah Busro yang di sebut sebagai tokoh penyebar agama islam di kraton. Acara ini digelar setiap tahun pada bulan safar oleh warga desa Kraton kecamatan kraton kabupaten Pasuruan.
Wafat mbah Busro pasti tidak ada yang tahu karena makamyang terleak di pojok desa itu sudah ada sejak kecil “ujar mahfut warga kraton.
Warga kraton menyakini bahwa mbah Busro adalah tokoh masyarakat penyebar agama islam yang di kraton ,menuurut cerita dulu jaman Belanda makam mbah Busro ini sudah ada . Ketika mau buat jalan Rel kereta api di buat lurus dari Tambakrejo desa sebelah barat tidak melihat. Setelah di dekati ternyata ada makam sehingga rel Kereta jurausan bangil pasuruan terpaka di buat agak belok.
Menurut Imam Subagio ketua MWC NU kraton , mabah Busro ini adalah santri pejuang yang selama ini tidak didata sehingga keberadaan makamnya ini tdk masuk dalam makamwisata relegi. Oleh karena itu Houl mbah busro ini awalnya di adakan oleh pengurus GP. Ansor, kemudian di lanjutan oleh masyarakat sekitar.
Menurut cerita nya warga setempat mbah Busro ini pendatang dan meninggal kemudian di makam disini tetapi persisnya tidak banyak yang tahu. Tetapi ada yang mengatakan bahwa mbah busro masih kerabat Mustopo alm. Yang kini sudah wafat dan di makamkan juga dikomplek pemakaman itu. (sob/tim)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »