Malang diguncang gempa lebih Dahsyat dari sebelumnya

Malang (wartaonline.co.id) 17/11

Gempa berkekuatan 6,2 skala ritcher yang berpusat di Malang, Rabu (16/11/2016) malam menguncang kota malang dan sekitarnya. Gempa ini lebih besar dari gempa yang terjadi di Kabupaten Malang sebelumnya.

AR Fuad Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim mengatakan, gempa yang terjadi beberapa detik itu terasa hampir di seluruh wilayah selatan Jatim.

“Dampaknya terasa mulai Pacitan sampai Banyuwangi. Bahkan Yogya dan Lombok juga terasa,” kata Fuad seperti yang di katakan ke Radio Suara Surabaya.

Namun, kata dia, dampaknya tidak begitu signifikan. BPBD mendapatkan informasi kalau ada beberapa rumah retak dan satu rumah yang terasnya roboh. Tapi itu karena kondisi bangunan sudah lapuk.

Kata Fuad, sampai saat ini tidak ada informasi infrastruktur rusak. Kalau tanah retak itu bukan dampak gempa semalam namun karena tanah longsor atau lainnya.

“Tapi BPBD sudah memberi peringatan sesuai informasi BMKG kalau gempa tersebut tidak sampai menimbulkan tsunami. Sampai dini hari tadi juga tidak ada informasi ada gempa susulan,” kata dia.

Sementara itu, kata Fuad, pihaknya sudah memasang alat peringatan dini tsunami dan potensi terjadi pergerakan tanah di 8 kabupaten di Jatim. Di 8 kabupaten di pesisir selatan Jatim itu sudah diplanning kontijensi.

“Kerjasama antara masyarakat setempat dengan BPBD juga sudah cukup baik.. Kami juga komunikasi terus dengan masyarakat via media sosial. Seperti Akun twitter BPBD Jatim dan juga ada TV streaming di website BPBD,” ujarnya. (dwi/ipg/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »