Hari Jadi jatim diperingati dengan upacara

Surabaya (wartaonline.co.id) 12/10

peringatan HUT Propinsi Jatim di tandai dengan upacara bendera dihalam Grahadi surabaya Rabu (12/10)di pimpin oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur. upacara peringatan Hari kelahiran Provinsi Jatim yang ke-71 di halaman Gedung Negara Grahadi,berlangsung meriah yang di ikuti oleh seuruh undangan dari Bupati dan walikota se jatim.

Upacara diikuti lebih dari tiga ribu peserta yang berasal dari berbagai lembaga pemerintah, militer dan elemen masyarakat diantaranya masing-masing satu pleton dari Brimob Polda Jatim, TNI, akademi Angkatan Laut, akademi pelayaran, akademi teknik keselamatan penerbangan serta KORPRI. Selain itu masyarakat umum juga tampak hadir untuk melihat jalanya upacara.

Hadir juga dalam upacara tersebut, pejabat forum pimpinan daerah (Forpimda), seperti Saifullah Yusuf Wakil Gubernur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Pangarmatim, Ketua DPRD Jatim, DanKobangdikal, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Upacara peringatan Hari lahir Pemerintah provinsi sendiri tdi dimulai dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya provinsi Jawa timur

Bertindak sebagai komandan upacara adalah I Made Sukarna Sukarta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur. Sementara itu, selain upacara, perayaan hari ulang tahun berdirinya Provinsi Jawa Timur kali ini juga akan dilakukan penganugerahan bagi 60 warga berprestasi dari berbagai kalangan dan profesi.

Sekadar diketahui, berdasarkan Pasal 18 Undang-Undang Dasar 1945 pada tanggal 19 Agustus 1945 oleh PPKI dibentuklah provinsi dan penentuan para Gubernurnya. Untuk Pertama kalinya, R.M.T. Soeryo yang kala itu menjabat Residen Bojonegoro ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur yang pertama.

R.M.T Soeryo yang dilantik tanggal 5 September 1945, sampai tanggal 11 Oktober 1945 harus menyelesaikan tugas-tugasnya di Bojonegoro, dan baru pada 12 Oktober 1945 boyong ke Surabaya, Ibukota Provinsi Jawa Timur yang menandai mulai berputarnya mekanisme Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Atas dasar pertimbangan perjalanan sejarah inilah, maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.(fik/iss/ipg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »