Warga Kelurahan Randusari Pasuruan gelar Doa dimakam Kyai Mujahid

Pasuruan wartaonline.co.id (17/9)

Masayarakat kelurahan Randusari kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan jawa Timur menggelar doa bersama dimakam Kyai Mujahid. Kyai Mujahid adalah salah seorang penyebar agama islam pertama di kelurahan Randusari kecamatanm Gadingrejo kota pasuruan .
Menurut Nurul jadif ketua Takmir masjid Mujahidin, acara Haul kyai Mujahid ini di lakukan setiap tahun apada bulan besar. hal ini merupakan mengingat perjuangan yang di lakukan oleh kyai mujaid yang menyebarkan agama islam di kelurahan Randusari kecamaan gadingrejo kota Pasuruan.
kyai mujahid adalah masih keturunan Mohamad besari/ kyai Ageng Kasan besari dari kyai abdurahman asal Ponorogo yang mneyebarkan agana islam ke pasuruan.mulai 1861 di pasuruan.

untuk mengenang perjuanganya kyai mujahid masyarakat kelurahan Randusari, memugar makam yang terletak di pojok kota di kelurahan Randusari. Bukti aoutentik peninggalan kyai mujahid yang masih di simpan oleh warga berupa ragka beduk yang di buat oleh kyai mujahid. seklian itu bangunan mushola yang di sebelah timur masjid yang saat ini di tempati kantor yayasan dan gedung sekolah TPQ dan madrasah.

Untuk memperingati perjuangan kyai mujahid masyarakat Randusari melakukan serangkaian acara yakni mulai berziarah ke ponorogo bersama warga bulan yang lalu, menggelar pengajian umum mengundang KH> Marjuki Mustamar dari ketua PCNU kota malang. serta menggelar doa membaca surat yasin dan tahlil dimakam kyai Mujahid ada sore harinya dan besok minggu pagi (18/9) jam 08.00 wib menggelar pengajian di masjid mujahidin yang bakal di hadiri olejh walikota pasuruan Drs. Setyono.

Kaniful Khoiri.S.pd sekretaris Takmir masjid mujahidin menambahkan warga menggelar doa dimakam kyai Mujahid ini salah satu pendidikan bagi umat islam untuk mendoakan arwah pejuang maupun orang tua pendahulu agar arwahnya di terima allah swt.

Masih kaniful khoiri manusia mati itu meninggalkan 3 perkara yakni ilmu yang manfaat, harta yang di gunak sodakoh jariyah dan anak soleh yang mendoakan kepada orangtua dan guru-gurunya yang telah meninggal dunia.(sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »