Takmir masjid Gusdur Pasuruan korban Sapi

pasuruan wartaonline.co.id /12/9

Hari raya idul Adha 1438 H di serentak dilakukan di seluruh dunia, salah satunya juga di lakukan oleh Takmir masjid gusdur. Masjid Gusdur yang berada di pinggir jalan Raya desa bendungan Kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan, kini di penuhi para jamaah yang akan melakukan sholat iduh adha.

Warga Desa Bendungan , Kecamatan kraton,serta kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan memiliki tradisi tersendiri sebelum menyembelihkan hewan kurbanya. Tradisi yang sudah berlangsung sejak turun temurun itu mereka beri nama mantenan sapi.

Mantenan sapi itu sendiri yaitu berupa memandikan sapi yang akan dikurbankan, kemudian dihiasi seperti layaknya pengantin. Selanjutnya, sapi itu akan diarak secara beramai-ramai menuju ke masjid yang akan ditempati sebagai penyembelihan hewan kurban.

“Hewan yang akan dikurbankan semestinya harus suci dan bersih. Untuk itu ada baiknya supaya dimandikan dan dirias terlebih dulu agar tampak gagah dan sehat. Sehingga hal itu mendatangkan kebanggaan tersendiri bagi yang akan mengurbankan sapinya,” ujar wasik salah satu warga setempat kepada wartaonline.co.id,Senin (12/9/2016).

Ia menambahkan bahwa tradisi tersebut merupakan wujud syiar Islam dan memotivasi warga agar selalu bersedekah membantu sesamanya. Tradisi itu dilakukan sekaligus sebagai upaya pembelajaran bagi anak-anak warga sekitar.

“Tradisi ini sekaligus menjadi bagian dari syiar Islam di kawasan pedesaan. Selain itu agar warga selalu bersedekah pada bulan Dzulhijjah ini dan memperhatikan lingkungannya,” terangnya kepada wartaonline.co.id.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dalam ritual arak-arakan manten sapi tersebut, warga yang berkurban juga menyediakan sandingan berupa beras, buah-buahan, bumbu dapur hingga kayu bakar. Tujuannya, supaya si penerima daging juga akan menerima beras dan berbagai sandingan itu, sehingga penerima bisa memasaknya.

“Seluruh hewan kurban atau mantenan sapi yang diarak secara beramai-ramai ke masjid itu, kemudian diserahkan kepada takmir Masjid. Barulah selanjutnya sapi itu disembelih setelah salat Idul Adha,” pungkasnya. (sob/ham)

Tag : idul adha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »