Satpol PP Tutup Proyek Pembangunan Distribusi Gas di PGN Tapi Kini masih jalan terus

PASURUAN (wartaonline.co.id) 15/4 Proyek pembangunan distribusi gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan dihentikan paksa oleh otoritas setempat. Proyek tersebut dianggap melanggar sejumlah peraturan daerah (Perda) dan tidak memiliki izin.tetapi hingga kini proyek itu masih jalan terus jalan.
Pantauan dilokasi wartaonline.co.id proyek yang di demo itu kini masih tahap pengurukan itu tampak sepi. Tidak ada aktivitas pengerjaan dilokasi pembangunan yang ada ditengah areal persawahan tersebut.
Disisi lain, tampak plang atas nama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KabupatenPasuruan yang melakukan pemberhentian terhadap proyek tersebut.
Proyek tersebut dianggap telah melanggar Perda nomor 12 tahun 2010 tentang Rancangan Tata Ruang dan Wilayah, Perda nomor 15 tahun 2012 tentang ijin mendirikan bangunan (IMB) dan Perda nomor 16 tahun 2012 tentang HO (Hinderordonantie) atau izin gangguan.
Dikonfirmasi terkait itu, Kepala Badan Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal (BP3M) Kabupaten Pasuruan, Soenarto mengatakan proyek pembangunan kerjasama penyaluran gas dari husky cnooc Madura Limited ke fasilitas distribusi PGN di wilayahPasuruan itu belum mengantongi izin.

“Izinnya masih proses,” katanya.
Informasi yang didapat yang pernah di muat di PASURUANTIMES, izin pembangunan proyek tersebut sudah diajukan sejak tiga tahun yang lalu.
Sebelumnya, pembangunan tersebut mengundang aksi protes dari warga setempat. Warga menggelar aksi demonstrasi meminta proyek tersebut ditutup.
Namun demikian, pemerintah desa setempat menyayangkan aksi warga tersebut. Sebab, sebelum memulai pembangunan, pihak PGN sudah melakukan sosialisasi terhadap warga.
“PGN sudah melakukan sosialisasi. Dan kami menyambut baik. Sebab ini kan perusahaan negara, jadi bagus lah untuk Desa Semare ini,” kata Kaur Pemerintahan Desa Semare, Muhammad Ato’illah.
Sampai sejauh ini, belum ada konfirmasi dari pihak PT PGN terkait pemberhentian proyek tersebut. (*)

Translate »