pramuka ” SUMUK” dalam pendidikan

“SUMUK” dalam PENDIDIKAN
Oleh:
Rolis Awang Widodo, S.Si

Satu diantara kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari (SDM) Sumber Daya Manusianya melalui pendidikan. Pendidikan yang mengedepankan moral, sikap, kecerdasan serta wawasan yang luas akan membuat suatu bangsa menjadi maju serta berwibawa, karena pendidikan tidak akan terlepas dari kehidupan manusia yang mendidik dan mencetak generasi bangsa ke masa yang akan datang.

Menciptakan generasi bangsa yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, mandiri, kreatif serta bertanggungjawab adalah tanggungjawab kita semua sebagai warga negara. Kita tidak bisa membebani tugas tersebut pada sekolahan saja. Pendidikan bisa didapat dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Ketiga sumber tersebut memberikan kontribusi besar tercetaknya suatu generasi penerus bangsa.

Keluarga merupakan pondasi anak mendapatkan ilmu untuk menghadapi kehidupan di masyarakat. Keluarga yang sering kita sebut dengan gerbang utama mencetak mental dan pendidikan anak karena dari 24 jam sebagian besar waktu habis bersama keluarga. Perkembangan pribadi orang tua, kondisi di rumah, komunikasi antar anggota keluarga sangat berperan penting dalam pendidikan anak. Banyak orang tua hanya pasrah kepada sekolah saja sehingga melupakan tanggungjawabnya mendidik juga sewaktu anak berada di rumah. Orang tua bisa menyarankan dan mendukung anak mereka untuk berkegiatan di sekolah dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler yang bermanfaat. Satu diantara ekstrakurikuler yang bagus dan bermakna adalah PRAMUKA.

Pramuka merupakan kegiatan non formal yang dilaksanakan di Indonesia sebagai kegiatan ekstra wajib sesuai dengan UU no. 12 Tahun 2010 yang dikemas dalam kegiatan yang menarik, sehat, terarah, teratur di alam terbuka sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang dapat membentuk watak dan budi pekerti yang luhur.

Kegiatan pramuka yang sering dianggap ketinggalan zaman oleh anak-anak sekarang karena kegiatannya hanya dianggap tepuk-tepuk tanpa ada manfaatnya dan hanya capek saja yang didapatnya. Kalau kita gali lebih jauh sebenarnya kegiatan pramuka merupakan “SUMUK (SUPER PRAMUKA)” karena dapat dikatakan sebuah paket komplit kalau kita ibaratkan sebagai zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pramuka juga bersifat fleksibel yang berarti dapat berkembang mengikuti zaman. Di dalam pramuka kita akan mendapatkan pengetahuan, ketrampilan dan skill kehidupan.

Bagi yang sudah pernah mengikuti kegiatan pramuka pasti sudah bisa merasakan manfaatnya bagi pribadi dan lingkungan sekitarnya baik untuk sekarang atau masa yang akan datang. Saya katakan SUPER PRAMUKA karena merupakan kegiatan yang sangat bermakna, misalnya:

1. Melatih kedisiplinan seperti yang tertuang pada Dasa Dharma dan Tri satya sehingga terbentuk karakter yang baik melalui kebiasaan.

2. Mengembangkan konsep berpikir efektif dan efisien, ketrampilan fisik dan kepribadian yang baik melalui game yang menarik dan menantang.

3. Melatih menyelesaikan masalah dan menekan ego melalui kegiatan musyawarah.
4. Melatih kemandirian dan kebersamaan serta leadhership melalui perkemahan dan kegaitan alam sehingga bisa mendapatkan keluarga baru melalui kegiatan JAMBORE.
5. Mengembangkan bakat melalui kegiatan kerajinan tangan, TTG, Pensi, Fotografi, P3K, Pionering, dll.

Untuk itu sangat disarankan orang tua untuk memotivasi dan mendukung anaknya dengan cara mengikuti kegiatan pramuka, melihat kegiatan pramuka yang lain (PERSAMI, lomba-lomba pramuka), mengantarkan mengikuti ekstra pramuka, menyediakan buku-buku tentang pramuka, melaksanakan kegiatan perkemahan keluarga.

Majulah pendidikan Indonesia
Jayalah Pramuka
Satyaku Kudarmakan
Dharmaku kubaktikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »