Mendikbud Anis Baswedan sidak pelaksanaan Unas di surabaya Jatim

Mendikbud Anis Baswedan, senin (4/4) memantau berlangsungnya pelaksanaan ujina Nsional di Surabaya jawa Timur. Karena kota Surbaya, propinsi jawa Timur tahun menjadi pelopor pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (unbk) di Indonesia. Sebanyak 254 SMA/MA dan SMK atau sekitar 37.730 siswa seluruh sekolah di Kota Pahlawan ini mengerjakan UN dengan sarana komputer.

Sesuai jadwal yang ada, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, Senin (4/4) hari ini bersama Gubernur Jatim, Soekarwo akan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) pelaksanaan UNBK di Surabaya.

“Kehadirannya memang untuk melihat pelaksanaan UNBK di Surabaya. Karena Surabaya merupakan kota yang seluruh sekolahnya mengikuti UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur, Saiful Rachman, Minggu (3/4) kemarin.

Tahun ini memang menjadi sejarah dalam pendidikan di Indonesia. Kali pertama, Kemendikbud menggelar UNBK secara serentak. Eloknya, Surabayalah yang mengikutkan seluruh sekolahnya dalam UNBK.

Total SMA/MA/SMK di Surabaya mencapai 254 lembaga yang mengikuti UNBK. Rinciannya, 137 SMA dengan 18043 siswa. Sedangkan, 16 MA dengan 1341 siswa kemudian 101 SMK dengan jumlah siswa mencapai 18346 orang. Dari total 254 sekolah tersebut hanya 9 sekolah yang menggabung dengan sub rayon maupun sekolah terdekatnya. Artinya, sebanyak 245 sekolah menggelar UNBK secara mandiri atau di sekolahnya masing-masing.

Sekolah yang menggabung itu adalah SMA Kemala Bhayangkara menggabung di (SMPN 5 Surabaya), SMA Kusuma Negara (di SMA Nur Hidayat, SMA Lil Wathon (SMAN 8 Surabaya), SMA Tri karya (SMPN 20 Surabaya), MA Maittaqu (MA Amanatul Ummah), MA Mashobrul Ma’arif (MA Imam Syafi’i), SMK Puruhita Surabaya (SMKN 8 Surabaya), SMK AL Al Amin (SMK 10 Surabaya) dan SMK terpadu yang menggabung di (SMKN 8 Surabaya).

Rencananya, UNBK akan digelar dari hari ini (senin, 4/4) hingga selasa (12/4). Dengan mata pelajaran (mapel), Bahasa Indonesia, Kimia, Matematika, Biologi, Fisika dan Bahas Inggris (IPA). Untuk IPS mapel Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Ekonomo dan Bahasa Inggris. Sedangkan, SMK dengan mapel; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ujian Kejuruan. Sementara untuk UNBK susulan SMK dilaksanakan senin (11/4) dan Selasa (12/4). Untuk SMA/MA pada senin (18/4) sampai Rabu (20/4).

Sampai berita ini diturunkan, Saiful memastikan, tidak ada perubahan jadwal dari Kemendikbud. Hal itu juga diketahui dari jadwal kunjungan Gubernur Jatim, Soekarwo yang rencananya akan mendampingi Anies. Sidak dimulai pukul 06.00 di dua sekolah yang berada di wilayah Surabaya Utara, yaitu SMA Hang Tuah 1 dan SMAN 8 Surabaya.

Saiful Rachman memastikan bahwa seluruh sekolah di Surabaya sudah siap dengan UNBK. “Kabarnya sudah kondusif. Tidak ada masalah. Tinggal gebyarnya besok (hari ini,red),” tegas Saiful.

Meski tidak menjadi faktor kelulusan, Saiful berharap, seluruh siswa serius mengerjakan UN. Sebab, untuk SMA, UN dijadikan ssyarat kelulusan masuk ke PTN sedangkan untuk SMK dijadikan bahan pertimbangan masuk kerja.

Terkait dengan kebocoran kunci jawaban, Saiful memastikan bila kunci jawaban tersebut hoak alias tidak benar. “Tidak usah terpengaruh kunci-kunci itu. Percaya diri saja,” tandas dia. Apalagi, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihal kepolisian untuk mengamankan Ujian. “Pihal polda sudah mengambankan UNBK dengan tim cyber crime-nya, untuk UN tulis sudah ada pihak kepolisian yang juga mengamankan,” jelas dia.

Kadispendik Surabaya, Ikhsan juga menambahkan seluruh progtor UNBK di semua sekolah sudah mengabarkan bila sinkronisasi sudah selesai. “100 persen sudah selesai. Tidak ada kendala,” jelas Ikhsan.

Dengan persiapan lebih dari satu bulan mulai dari persiapan, pelatihan progtor dan teknisi, penyediaan sarana dan prasarana dan simulasi dipastikan seluruh sekolah di Surabaya tak akan mengalami persoalan. “Yang ditakutkan biasanya log out tiba-tiba. Tapi, semua sarana sudah dipersiapkan cadangannya. Kalau ada kendala, langsung bisa ganti ke server lainnya,” jelas dia.

Selain server utama, seluruh penyelenggara UNBK menyediakan server cadangan. Satu server dapat manampung 40 siswa. “Progtor-progtor bisa komunikasi dengan progor dan tim puspendik. Jadi kalau ada kendala langsung ditangani. Insyaallah semuanya berjalan sukses. Untuk kebocoran juga tidak mungkin. Ini setiap siswa soalnya berbeda dan tidak sama,” pungkas dia. (end/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »