Warga Bersama Bupati Pasuruan Bisa lihat Gerhana Matahari Di LAPAN Pasuruan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 9/3
Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada hari Rabu (9/3) mulai sekitar pukul 06.30 wib ini di jawa timur bisa dilihat dari pantauan menggunakan teleskop dan kacamata. Lembaga penerbangan dan Antariksa nasional (LAPAN) di pasuruan , yang berada di ngerong japangan gempol wilayah kabupaten pasuruan . Tempat ini sejak pagi telah dikujungi oleh ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan terjadi gerhana matahari.

Karena yang terjadi gerhana matahari total didaerah Katulistiwa (luar pulau jawa) , Sulawesi, Kalimantan, dan sumatera, pulau Bangka,sehingga di pulau jawa tetap bisa menikmati indahnya sinar matahari seperti biasa.

Dalam momentum terjadinya gerhana matahari total ini, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf bersama muspida, ketua DPRD kabupaten Pasuruan, dan lembaga falakiyah NU jatim dan Pasuruan tampak Hadir, untuk menyaksikan momentum itu.
Saat mulai nya terjadi gerhana matahari total (GMT) warga melakukan sholat gerhana di lingkungan kantor lapan gempol pasuruan dengan berjamaah serta kutbah, yang di sampaikan KH. Son Haji Abdus somad.
Irsyad yusuf Bupati Pasuruan mengatakan “ wilayah pasuruan ada lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional hal merupakan suatu kebanggaan bagi warga masyarakat pasuruan untuk belajar mengetahui sejarah tentang gerhana matahari dan bisa di jadikan wisata tehnologi selaian laut dan gunung “ kata Irsyad di damping Dian Yudha kepala Lapan .

Sementara itu untuk melihat terjadinya gerhana matahari pihak lapan menyediakan fasilitas teleskop dan kacamata untuk melihat terjadinya gerhana matahari. Dian Yudha Kepala LAPAN Pasuruan mengatakan “ disini , jadi bisa di jadikan tempat untuk belajar bagi siswa dan guru untuk melihat perbintangan dan penerbangan, silahkan datang kesini dengan memberitahukan lebih dahulu kepetugas “ katanya. Kepada wartawan.
Momen terjadinya gerhana matahari total ini pernah di alami oleh Sudiono Fauzan pada tahun 1983, menurut sudiono Fauzan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan “ya dulu saya masih kelas 3 SD terjadi gerhana matahari Total saat itu anak sekolah di liburkan dan disuruh masuk rumah dan tidak boleh melihat matahari langsung, kenangnya “ kataya kepada wartaonline.co.id.
Firman Dahlan siswa Kelas 4 SDN Bendungan 1 kecamtana Kraton Kabupaten Pasuruan ini merasa senang untuk diajak ayahnya melihat dan mencoba teleskop dan kacamata serta teleskop buatan warga di LAPAN ini. “ Ya saya senang melihat ini belum pernah melihat gerhana matahari, “ katanya kepada wartaonline.co.id ( 9/3) (sob/fir)
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »