PILGUB Jatim Bakal Dipilih secara perwakilan anggota DPRD dan DPD ?

Surabaya (wartaonline.co.id) 17/3

Meski jabatan gUbernur jatim masih saatu tahun lagi kini, opini di masyarakat jawa timur mulai hangat membicarakan siapa bakal calon yang akan di jagokan. Kemarin rabu (16/3) kalangan anak muda di surabaya mengadakan dialog dengan orang-orag kompeten di bidang plitik dan akademik di rumah Makan Palm Resto.

Dalam dialog itu membahas UUD 1945 pasal 18 tentang kepala daerah di pilih secara demokratis. Kepala daerah yang di maksud ini antara lain Gubernur, Bupati dan Walikota.

Menurut Muzamil Syafi’i anggota DPRD Jatim , mengatakan ” pemilihan kepala daerah bisa secara langsng dan tidak langsung ” katanya.

UU no. 23 tahun 2014 memutuskan untuk pemilihan secara langsung oleh anggota DPRD kemudian batal di ganti perpu olh presiden sehingga pemilihan dilaksanakan secara langsung.

Masih dari muzamil Realitas di lapangan menghabiskan anggaran yang banyak, dengan di pilih dengan anggota DPRD propinsi jatim dan daerah dan anggota DPD akan menghemat biaya.

Hal ini juga di jlentrehkan oleh Prof. Haryono mantan anggota Hakim Mahkamah Kontitusi asal Jawa Timur .

Pemilhan kepala daerag harus ada sistem yang baik nanti akan juga menghasilkan pemimpin yang berkwalitas baik. sebelum diadakan penjaringan siapa saja calonya kemudian di tes yang baik kita ususlkan .

dari sumber wartaonline.co.id saat ini sudah ada tiga nama bakal calon gubernur jawa timur periode 2018- 20023 yang muncul dipermukaan yaitu , Hasan Aminudin anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Gus Halim dari PKB dsn Saifullah Yusuf wakil Gubernur jatim . (sob/ham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »